Minggu , Juni 13 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Pelatihan tematik bagi aktivitas desa wilayah PATBM di provinsi Jambi

Pelatihan tematik bagi aktivitas desa wilayah PATBM di provinsi Jambi


Jambi -Jambiekspose. Pemerintah provinsi Jambi  umelalui Dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan pengendalian penduduk telah mengembangkan program dan kegiatan di bidang perlindungan anak.
Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kabid pengendalian penduduk dan KB P3PA2, Irzan pelatihan tematik bagi aktivis desa wilayah PATBM
Hotel Novita Rabu(27/09).
Turut mendampingi Kabid PA Dinas P3PA2, Linda Dewi, Asdep kementerian KEPALA RI, Indra.
Dikatakan Irzan, kegiatan ini dilaksanakan bagi 2(dua) Kabupaten Tanjab Barat dan kabupaten Batanghari,.

“Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menyelenggarakan Pelatihan Tematik bagi Fasilitator Daerah Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), “terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kemen PPPA mengajak semua unsur sampai tingkat pemerintahan terbawah, yaitu Desa/Kelurahan untuk menyelesaikan masalah kekerasan pada anak yang terjadi di masyarakat, upaya penerapan perlindungan anak, mencegah kekerasan terhadap anak, dan menanggapi kekerasan, salah satunya melalui gerakan PATBM.

PATBM merupakan sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak, menumbuhkan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap, dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.

“Melalui PATBM, akan dilakukan sejumlah kegiatan seperti penyuluhan, pencegahan, penanganan, dan rehabilitasi terkait isu perlindungan anak. Serta dibutuhkan sinergitas lembaga desa/perangkat desa, posyandu, sekolah, kader KB, PATBM desa lain, hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),” jelasnya.

Guna pelatihan tersebut menjadi wawasan ilmu bagi para fasilitator daerah pihak panitia pelaksana sengaja  mendatangkan para pakar dibidangnya sehingga penyampaian materi selama pelatihan tersebut terkemas menurut metode keilmuan dari masing-masing pakar tersebut.

Penulis : Inro

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Kapolsek Jambi Timur Akp Hendra wijaya M.Sh,sik,Mh Monitoring Vaksinasi Massal diPuskesmas Kasang Jaya

Jambiekspose.com ,Kota Jambi – Kapolsek Jambi Timur Akp Hendra wijaya M.Sh,sik,Mh Monitoring Vaksinasi Massal diPuskesmas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas