Sabtu , Juli 31 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Kabid Geologi Membuka secara resmi Bintek penyusunan rencana umum energi daerah Provinsi Jambi

Kabid Geologi Membuka secara resmi Bintek penyusunan rencana umum energi daerah Provinsi Jambi

Jambi — Jambiekspose. Rencana umum energi daerah Provinsi (RUED-P) dimaksudkan komitmen dan panduan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan berbagai kegiatan terkait energi.
Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kabid Geologi ESDM Provinsi Jambi, Ir. Karel Ibnu Suratno mewakili Kadis ESDM Selasa(
Turut mendampingi Kabid EBT dan TT, Zulfahmi, Perwakilan UNDP.

RUED-P  merupakan tanggung jawab utama di semua daerah karena merupakan amanat undang-umdang 30 tahun 2007, energi serta Perpres no 22 tahun 2017, rencana umum energi nasional sehingga wajib dilaksanakan oleh Provinsi.
” RUED-P dimaksudkan komitmen dan panduan bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan berbagai kegiatan terkait energi di daerah, sebagai modal pembangunan daerah serta kontribusi daerah,”jelasnya.

RUED-P ini dapat memberikan kontribusi daerah dalam pencapaian target energi nasional seperti dalam kebijakan energi nasional (KEN) dan merupakan penjabaran dan rencana pelaksanaan RUEN bersifat lintas sektor.
” penyusunan RUED-P melibatkan stakeholders bidang energi, karena merupakan tanggung jawab utama sebagaimana diamanatkan Undang-undang,”terangnya.

Kegiatan ini merupakan kerja sama dari Kementerian ESDM dengan pihak UNDP serta dengan pemerintah daerah khususnya bagi Provinsi Jambi.
RUED-P merupakan dokumen penterjemah RUEN dan Kebijakan strategis nasional bidang energi sebagaimana dituangkan dalam KEN.
“Dokumen ini diharapkan dapat menjabarkan permasalahan energi saat ini dan masa mendatang di daerah serta rencana program dan kegiatan responsif, “imbuhnya.

Ditambahkan oleh Zulfahmi, Dengan meningkatnya peran energi dalam pembangunan, pemerintah menerbitkan kebijakan umum bidang energi pada tahun 1981 yang diharapkan agar pengelolaan energi Indonesia dapat dikelola menjadi lebih baik.

Kementerian ESDM dan DEN melalui kerjasama dengan Indonesia clean energy Development (ICED) – II dan Indonesia Institute for energy economic(IIEE) telah menyusun pedoman teknis penyusunan RUED-P.
Tim pembinaan penyusunan RUED-P (P2RUED-P), workshop nasional, workshop regional di 5 wilayah, pertama, Sumatera, kedua, Jawa, ketiga, Sulawesi, Empat, Kalimantan dan kelima,  Bali, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.
“bulan Oktober ini Provinsi Jambi telah melaksanakan kegiatan berupa Bintek penyusunan RUED-P Tahun 2017,”jelasnya.
Serta peserta kegiatan ini ada sebanyak 50 orang terdiri dari dari Bappeda Kabupaten kota serta perwakilan PT PLN Persero Wilayah S2JB, PLN Wilayah Sumbar dan PT. PERTAMINA.

Penulis : Inro

Editor : K20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Sembilan kilogram sabu berhasil di amankan polda Jambi, banyak nyawa terselamatkan

Jambiekspose.com ( Jambi) – Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo pimpin langsung pers release …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas