Senin , Juni 14 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Dirjen PHPL Kementerian Kehutanan Membuka secara resmi sosialisasi potensi pengembangan usaha KPHP

Dirjen PHPL Kementerian Kehutanan Membuka secara resmi sosialisasi potensi pengembangan usaha KPHP

( Dirjen pakai baju putih lagi mencoba minuman tradisional )

Jambi — Jambiekspose. Dalam rangka menguatkan pemahaman dan komitmen dalam pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP), Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.
Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi sosialisasi potensi pengembangan usaha KPHP oleh Dirjen PHPL KLHK, IB.Patera Parthama. PhD selasa(09/10) Hotel Abadi Suite.

Turut mendampingi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Irmansyah, Kepala Balai Pengelolaan hutan produksi wilayah VIII Jambi, Perwakilan Bappenas, Miranti dan Direktur KPHP KLHK, Ir. Drasaspolino.
Dikatakan Patera Parthama, melaksanakan Sosialisasi Pembangunan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) di Provinsi Jambi.

Dikatakan IB. Patera Parthama, kegiatan acara ini dilaksanakan pada tanggal 10 oktober 2017 atas bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dan Dirjen PHPL KPHP KLHK.
“filosofi dibangunnya KPHP  sebenarnya adalah pengelolaan hutan di tingkat masyarakat. Untuk menghadirkan pengelolaan hutan di tingkat masyarakat diperlukan unit pengelolaan yang efektif dan efisien. Pembentukan KPHP  bisa dijadikan sebagai peluang resolusi konflik yang selama ini masih terjadi.
Selanjutnya disebutkan bahwa berdasarkan fungsinya KPHP,”jelasnya.

Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi  (KPHP ) bisa berperan penting dalam mengembangkan pengelolaan hutan berbasis masyarakat sekaligus melestarikan hutan. Ia bagus bagi lingkungan, dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.
Satu contoh, KPHP  Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, jadi model pertama pengembangan bisnis kehutanan lintas sektoral, kementerian/lembaga dan swasta.
Dan akan menyusul Provinsi Jambi dimana ini sudah dipahami oleh Gubernur Jambi dan akan dibuat adanya Pergub untuk kesatuan pengelolaan hutan produksi untuk masyarakat yang dekat dengan hutan.
“tujuan jangka dari sosialisasi ini dari KPHP untuk segera membentuk Unit-unit pengelolaan hutan di tapak yang dinamakan KPHP itu segera beroperasi sebagai identitas diri, seperti bisnis, “imbuhnya.

Dari unit dapat digunakan sebagai sumber penghasilan atau penerimaan bagi masyarakat menambahkan akan ekonomi mereka.
Sementara itu ditambah Irmansyah, dari terbentuknya unit usaha maka akan tercipta peluang bisnis dari hasil pengelolaan KPHP.
“manfaatnya sangat besar bagi masyarakat besarnya angka mencapai 90 persen untuk lokal, kegiatan sosialisasi ini langkah koreksi. Dan dilaksanakan selama ini puluhan tahun, “terangnya.

Dalam bisnis masih gaya zaman dulu tidak ada inovasi maka masyarakat tersebut tidak akan menambahkan taraf hidupnya, dengan terbentuk unit usaha merupakan kunci meningkatkan kemampuan sumber daya manusia akan ekonominya.
Makanya Gubernur Jambi sangat menyambut positif dari langkah KPHP dan akan segera dikuatkan suatu Pergub nantinya.

Kepala KPHP ini merupakan ibarat CEO perusahaan, serta menciptakan adanya peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja. .KPH Poduksi (KPHP) adalah KPH yang luas wilayahnya seluruh atau sebagian besar terdiri dari kawasan hutan produksi.

Penulis : Inro

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Kapolsek Jambi Timur Akp Hendra wijaya M.Sh,sik,Mh Monitoring Vaksinasi Massal diPuskesmas Kasang Jaya

Jambiekspose.com ,Kota Jambi – Kapolsek Jambi Timur Akp Hendra wijaya M.Sh,sik,Mh Monitoring Vaksinasi Massal diPuskesmas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas