Selasa , Juli 27 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Kepala Dinas P2AP3 Buka PELATIHAN PRA TUGAS PENDAMPING DESA

Kepala Dinas P2AP3 Buka PELATIHAN PRA TUGAS PENDAMPING DESA

Jambi — Jambiekspose. Pasca Rekruitman Tenaga Kontrak Pendamping Desa yang baru saja dilakukan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2017 beberapa waktu lalu. Dan ada 103 PDTI dan PDP berjumlah 27 orang yang lulus dalam penjaringan tenaga kontrak Kemendesa PDTT.

Dan setelah melalui proses rekruitman untuk tenaga Pendamping Desa Pemberdayaan, Pendamping Desa Infrastruktur, dan Pendamping Lokal Desa dalam Provinsi Jambi di tahun 2017 ini. Selanjutnya akan diberikan materi pendalaman terkait implementasi UU Desa No. 6 tahun 2014 tentang Desa, dan pelatihan Pra Tugas ini dilaksanakan pada tanggal 21-29 Oktober 2017 secara efektif di Novita Hotel Jambi.

“Ir. Erlina Sari menyampaikan dalam sambutannya sebagai Koordinator Pelatih, kegiatan pelatihan pra tugas ini adalah untuk memperkuat kepahaman para pendamping desa yang baru lulus dari rekruitman. Dan kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memperkuat pendamping desa dalam melaksanakan pendampingan di masyarakat, mampu membawa desa menuju kemandirian, dan pendamping desa juga sebagai ujung tombak dalam pengawalan pembangunan desa”.

Kemendes PDTT berkomitmen untuk melaksanakan program nyata melalui bantuan langsung ke Desa, dan bantuan berupa Dana Desa yang bersumber dari APBN ini merupakan suatu program yang berorientasi untuk mensejahterakan rakyat sesuai dengan NAWACITA Jokowi Poin ke tiga.

Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Organisasi Perangkat Daerah di Leading oleh OPD P2AP3 Provinsi Jambi. Dimana pendamping desa yang telah di rekruit dan lulus akan ditempatkan sesuai dengan domisili Identitas KTP, baik di desa, kecamatan, dan dalam Kabupaten Provinsi Jambi.

“Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa adalah sesuai dengan petunjuk tehnis dari kementerian desa, dan pelatihan pra tugas pendamping desa bertujuan untuk pendalaman materi pendampingan yang di landasi UU Desa No. 6 tahun 2017. Ungkap Kepala Dinas Dra. Lutfia (21/10)”.

Keberadaan Pendamping Desa adalah wujud untuk membangun kerjasama yang baik, partisipatif, dan memiliki etika yang bemartabat, Dana Desa juga memiliki tujuan mensejahterakan rakyat serta program untuk menekan angka kemiskinan di Republik ini. Khususnya Provinsi Jambi.

“Dana Desa yang digelontorkan oleh negara semata-mata untuk menekan angka kemiskinan, mensejahterakan masyarakat, serta mendukung masyarakat Indonesia siap dalam menghadapi MEA (masyarakat ekonomi asean), pungkas Lutfia dengan penuh semangat”. Dan dilanjutkan dengan membuka Acara Pelatihan Pra Tugas Pendamping Desa 2017, disambut dengan gemuruh tepuk tangan peserta Pelatihan”. Dilanjutkan dengan penyematan tanda identitas peserta kepada dua orang peserta Pelatihan Pra Tugas secara simbolik, tanda Pelatihan Pra Tugas telah dibuka”.

Penulis : Inro

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Kapolda jambi berdialog Dengan siswa Bintara SAD, ini arahan nya

Jambiekspose.com ( Jambi ) – Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Sik melakukan tatap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas