Senin , September 20 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Deputi Bidang Pelatihan Penelitian dan Pengembangan BKKBN Pusat Buka Pertemuan penetapan strategis dampak kependudukan

Deputi Bidang Pelatihan Penelitian dan Pengembangan BKKBN Pusat Buka Pertemuan penetapan strategis dampak kependudukan

Jambi — Jambiekspose.com. Bertempat di Grand Hotel  Selasa(23/01/2018) Deputi Bidang Pelatihan Penelitian dan Pengembangan BKKBN Pusat, Prof Muhammad rizal mertua Damanik, Phd membuka pertemuan penetapan strategis dalam perencanaan penyusunan kajian analisis dan uji coba model solusi strategis dampak kependudukan.

Turut mendampingi Mukhtar Bakti, SH, MA, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi, serta para utusan para akademisi, peneliti, koalisi kependudukan, ikatan pemerhati demografi dan instansi terkait.

Dikatakan Muhammad Rizal Mertua Damanik, Hingga saat ini, Indonesia masih bergelut pada 4 (empat) aspek masalah kependudukan.

” Baik dari segi kuantitasnya yang besar dengan penambahan jumlah penduduk 3 hingga 4 juta per tahunnya, kualitas yang masih relatif rendah dengan AKI (Angka Kematian Ibu) yang  tinggi dan rata – rata lama sekolah yang rendah, persebaran yang belum merata maupun dari masalah data, informasi dan administrasi kependudukan, “jelasnya.

Oleh karena itu, seiring dengan semakin beragamnya dinamika kependudukan serta implikasinya maka sangat penting untuk dilakukan pembahasan dan kajian atau analisis mengenai dampak dari bertambahnya jumlah penduduk terhadap berbagai aspek, seperti sosial ekonomi, politik, pertahanan keamanan serta daya dukung alam dan daya tampung lingkungan.

“Dalam pertemuan ini saya fokuskan pada pertumbuhan penduduk yang semakin kompleks setiap tahun bagi masing-masing Provinsi termasuk bagi Provinsi Jambi, “urainya.

Ditambahkan Mukhtar Bakti, kegiatan ini mengajak para akademisi untuk mencari model dari isu dampak strategis dari kependudukan baik secara nasional maupun tingkat provinsi.

” isu strategis dampak kependudukan adalah kondisi atau situasi pembangunan yang harus diperhatikan atau dikedepankan untuk dianalisis karena dampaknya yang signifikan bagi etnis keberadaan atau kondisi daerah masyarakat di masa yang akan datang, “terangnya.

Memiliki pengaruh yang besar signifikan terhadap pencapaian sasaran pembangunan daerah, Besaran dan fasilitas dampak terhadap keseimbangan penduduk dengan lingkungan dan perkembangan sosial budaya.
Seiring dengan beragam dinamika pembangunan serta dampaknya maka sangat penting dilakukan pembahasan dan kajian mengenai dampak dari bertambahnya jumlah penduduk terhadap berbagai aspek yang meliputi sosial ekonomi politik dan pertahanan keamanan serta daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Kegiatan penetapan isu strategis analisis dampak kependudukan bertujuan untuk menyediakan Indikator serta isu yang kemudian dapat digunakan oleh 3 program analisis dampak kependudukan dan para mitra kerja baik ditingkat pusat, Provinsi dan kabupaten kota dalam sebagai perencana dalam mengembangkan model solusi di daerahnya.

Tujuan umum merumuskan dan menetapkan isu strategis terkait dampak kependudukan terhadap persoalan sosial ekonomi politik dan pertahanan keamanan serta daya dukung dan daya tampung lingkungan yang akan dijadikan sebagai bahan penyusunan kajian analisis dampak kependudukan dan uji coba model solusi strategis untuk tahun anggaran 2018.

Tujuan khusus, teridentifikasi isu strategis dampak kependudukan,  tercapaimya kesepakatan dari pengelola program dan akademisi serta Mitra kerja terhadap isu strategis dampak kependudukan dalam upaya pemecehan persoalan kependudukan yang terintegrasi dengan lintas sektor dan daerah.

Peserta ada sebanyak 20 orang dari balitbangda. Akademisi, para peneliti serta dari lintas sektor dinas

Mukhtar Bakti,, SH, MA, kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jambi,
Prof Muhammad rizal mertua Damanik, Phd Deputi Bidang pelatihan penelitian dan pengembangan BKKBN.

Penulis : Inro

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Evaluasi Penanganan Covid-19 di Jambi, Kapolri Ingatkan Penurunan Level PPKM dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Jambiekspose.com (JAMBI) — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas