Selasa , September 21 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Pemprov Jambi Tegaskan BPOM Jambi Untuk MoU Bersama Penegak Hukum Dan Tingkatkan SDM

Pemprov Jambi Tegaskan BPOM Jambi Untuk MoU Bersama Penegak Hukum Dan Tingkatkan SDM

Jambi |Jambiekspose.com. Pemerintah Provinsi Jambi peran BPOM dalam pengawasan makanan dan obat bagi masyarakat jambi sangat diperlukan akan peran sertanya.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi talk show serta Kampanye bulan keamanan pangan dan perayaan Hut badan BPOM ke – 17 yang jatuh pada
31 januari 2001-31/01-2018, melalui Tema Melindungi masyarakat dan produk obat dan makanan ilegal untuk membangun negeri  oleh Asisten I bidang Pemerintahan, Arpani mewakili Gubernur Jambi Selasa(06/03/2018)Hotel Novita Jambi.

Turut mendampingi Kepala BPOM jambi, Ujang Supriatna, Kadis Perikanan Kota Jambi Dan Kadis perdagangan kota Jambi.

Dikatakan oleh Arpani, peranan BPOM di Provinsi Jambi sangat penting dikarenakan langsung tidak langsung memantau, menjaga dan mengamankan pangan dari bahaya dan risiko penggunaan obat dan pangan ilegal.

“sesuai dengan amanah tertuang dalam Infrastruktur No 3 tahun 2017, BPOM memegang peranan strategis dalam pengawasan obat dan makanan, “jelasnya.

Pengawasan ini multisektor, dari aspek kesehatan, sosial kemanusiaan, ekonomi dan keamanan masyarakat serta dampaknya langsung terhadap ketahanan nasional.

” hal ini terlihat dari beberapa kasus yang telah ditangani 2017 lalu oleh BPOM RI telah menemukan dan menyita obat dan makanan ilegal dengan nilai 298.7 miliar dan memproses 293 perkara bidang obat dan makanan, “terangnya.

kelemahannya masih banyak, karena tantangan dan hambatan yang dihadapi terutama dalam sumber daya manusianya, termasuk juga setiap kabupaten kota Se-Provinsi Jambi belum adanya perwakilan.

” diharapkan bagi BPOM Jambi segera melakukan kerjasama dengan pihak penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan, bea Cukai termasuk juga bagi Pemkab, Pemkot Se-Provinsi Jambi, “tegasnya.

Walaupun saat memasuki usia ke-17 janganlah terlena selalu cepat dan respon pada kesehatan masyarakat dalam hal obat dan makanan bagi masyarakat Provinsi Jambi.

bagi pemerintah daerah BPOM JAMBI segera memantau masyarakat yang diperdesaan masih rentan masuknya obat, termasuk alat kosmetika, maupun jamu tradisional berasal dari perbatasan lintas Provinsi.

Ditambahkan Ujang Supriatna, himbauan dari pemerintah akan disiapkan dan disikapi karena ini berhubungan langsung atas kesehatan masyarakat.

“termasuk membuat kerjasama dengan penegak hukum dan memperbanyak akan SDM masih belum memadai, “jelasnya.

BPOM JAMBI telah memberikan penghargaan kepada sekolah yang telah memantau akan kesehatan jajanan makanan di sekolah.

Saat ini ada 11 sekolah yang menerima piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah baik sekolah sekolah dasar hingga SMA.

Sekolah penerimaa bintang keamanan pangan kantin sekolah dari BPOM JAMBI, SD kanaan Global School, SMP/SMA Xaverius I, SMP unggul sakti, SDN I Jambi, SMP/SMA alfalah, SMA ahmad dahlan, SMP/SMA Bina kasih, MAN Cendikia Muarojambi, SDS PELITA Raya, SDN 59 Kota Jambi, SMPN 21 kota Jambi.

Penulis | Inro

Editor | k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Evaluasi Penanganan Covid-19 di Jambi, Kapolri Ingatkan Penurunan Level PPKM dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Jambiekspose.com (JAMBI) — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas