Senin , September 20 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Sekda Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi Musrenbang Ketahanan Pangan

Sekda Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi Musrenbang Ketahanan Pangan

Jambi | Jambiekspose.com. Guna menselaraskan program dan kesinambungan pembangunan bidang pertanian khususnya ketahanan Jambi tahun 2019 ini merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil koordinasi dengan pemerintah pusat dan Pemda Prov Jambi.

Hal ini ditandai dengan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi musrenbang ketahanan pangan Provinsi Jambi tahun 2019 Rabu(07/02/2018) Hotel Shang Ratu Jambi.

Turut mendampingi Kaban ketahanan pangan Provinsi Jambi, Amir Hasbi, Rina Syawal, Kabag Perencanaan BKP Kementan.

Dikatakan oleh H. M Dianto, musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini pada dasarnya merupakan rangkaian proses perencanaan pembangunan yang akan memantapkan dan mensinergikan rencana kerja pemerintah.

“musrembang ini untuk memantapkan perencanaan program dan kegiatan ketahanan pangan pada tahun 2019 yang akan datang dengan memadukan strategi kebijakan program dan kegiatan prioritas antara pemerintah pusat pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten Kota Se-Provinsi Jambi, “jelasnya.

guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi dan misi yang diemban sesuai dengan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan undang-undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara dan undang-undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

“maka pemerintah daerah wajib menyusun rencana pembangunan jangka panjang(RPJP),  rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) dan rencana kerja pemerintah,”terangnya.

Rencana pemerintah sebagai rencana tahunan penyusunan program pernyataan tersebut dilakukan sesuai proses koordinasi antara pemerintah pusat provinsi dan kabupaten kota.

Guna menselaraskan program dan kesinambungan pembangunan bidang pertanian khususnya ketahanan
Jambi tahun 2019 ini merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil koordinasi dengan pemerintah pusat dan Pemda Prov Jambi.

sehingga diharapkan dari hasil pertemuan ini akan menjadi bahan acuan kabupaten kota dalam menyusun rencana program dan kegiatan ketahanan pangan tahun 2019 yang akan datang.

Ditambahkan oleh Amir Hasbi, pelaksanaan 2019 musrenbang ini dilaksanakan sesuai dengan amanah yang diberikan kepada Dinas ketahanan pangan.

bahwa mekanisme perencanaan yang dilaksanakan sebelum musrenbang provinsi Jambi akan melaksanakan musrenbang pada masing-masing kabupaten kota Se-Provinsi lingkup wilayah tugas masing-masing.

” sebelum kami melaporkan pelaksanaan kegiatan ini berikut ini kami informasikan bahwa di provinsi Jambi, kabupaten kota yang telah terbentuk dinas ketahanan pangan Provinsi Jambi ini 11 kabupaten kota sudah terbentuk dinas ketahanan pangan, “imbuhnya.

bahwa capaian kinerja dinas ketahanan pangan tahun 2017 yang lalu secara ringkas dapat kami sampaikan sebagai berikut tahun 2017 kita telah mencapai 3425 kilo kalori per kapita per hari hal ini telah melampaui kecukupan gizi energi yang ideal yaitu sebesar 2400 kilo kalori per kapita per hari kemudian ketersediaan protein telah mencapai 77. 15 gram per kapita per hari dan telah melebihi target daripada yang ditetapkan yaitu 63 gram per kapita per hari.

khusus penduduk rawan pangan di tahun 2017 masih terdapat sebesar 14.64 persen, saat ini juga menurut dinas ketahanan pangan Provinsi Jambi memiliki cadangan pangan pemerintah daerah pada tahun 2017 itu sebesar 55.26 tahun di mana cadangan pangan ini diperuntukkan kepada daerah-daerah yang mengalami musibah banjir kebakaran gunung berapi dan daerah-daerah yang rawan pangan yang memang membutuhkan pangan.

hal ini belum termasuk kabupaten kota yang sudah khusus pengembangan desa Mandiri pangan di Kabupaten Batanghari di kabupaten di provinsi Jambi ini pada tahun 2017 kita telah membentuk Desa Mandiri pangan sebanyak 4 Desa.

kawasan Mandiri pangan ini kedua kawasan itu berada di Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Penulis | Inro

Editor | K20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Evaluasi Penanganan Covid-19 di Jambi, Kapolri Ingatkan Penurunan Level PPKM dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Jambiekspose.com (JAMBI) — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas