Senin , September 20 2021
Home / Daerah / Kasi PRC Dan KLW Buka Koordinasi lintas sektor dan lintas program pengawasan pengendalian vektor dan BPP(binatang penular penyakit)  kantor kesehatan pelabuhan kelas III Jambi

Kasi PRC Dan KLW Buka Koordinasi lintas sektor dan lintas program pengawasan pengendalian vektor dan BPP(binatang penular penyakit)  kantor kesehatan pelabuhan kelas III Jambi

Jambi — Jambiekspose.com. KKP berperan sebagai ujung tombak Kementerian Kesehatan dengan cara melakukan pencegahan keluar masuknya penyakit tular vektor di semua pintu masuk negara.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kasi PC Dan KLW KKP Kelas III Jambi, Sri Wahyuni Mardiana Rabu(09/05/2018) Hotel Odua Weston Jambi.

Turut mendampingi narasumber dari Kemenkes PPTV2, Yahiddin Selian, SKM, M.Sc.

Dikatakan oleh Sri Wahyuni Mardiana, Pengendalian vektor, upaya untuk mengurangi atau melenyapkan faktor resiko penyakit dan atau gangguan kesehatan yang ditularkan oleh vektor.

“vektor itu arthopoda yang dapat menularkan, memindahkan dan atau menjadi sumber penular penyakit. Penyakit yang ditularkan vektor, seperti pes, leptospirosis, demam berdarah, malaria, filariasis, zika, diare, kolera, yellow fever.,”jelasnya.

Untuk saat ini dari pihak KKP selalu mengawasi, memantau akan pintu masuk atau datangnya orang untuk masuk ke Provinsi Jambi seperti bandara udara maupun pelabuhan laut, sungai atau danau dan saat ini belum ditemukannya suatu kasus bisa menularkan.

Dan KKP selalu berkoordinasi pada semua stakeholder seperti dinas kesehatan Provinsi maupun dinas dari dinas kesehatan kota, serta mengajak peran serta dari pada tokoh masyarakat disekitar bandara udara maupun pelabuhan laut.

Faktor resiko dari vektor itu, lingkungan pelabuhan atau bandara yang tidak saniter berpotensi menjadi tempat perkembangan biakan vektor penular, seperti tempat sampah, tumpukan ban bekas, tempat penampungan air.(Inro)

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Cepat Tanggap Bupati Mashuri Santuni Korban Kebakaran di Mampun

Jambiekspose.com (Merangin) – Bupati Merangin H Mashuri bersama Ketua DPRD Merangin Herman Effendi, menyantuni keluarga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas