Jumat , September 24 2021
Home / Daerah / Dinas ESDM Bidang Ketenagalistrikan Gelar FGD penyusunan rencana umum Ketenagalistrikan daerah RUKD Tahun 2018 – 2038

Dinas ESDM Bidang Ketenagalistrikan Gelar FGD penyusunan rencana umum Ketenagalistrikan daerah RUKD Tahun 2018 – 2038

Jambi — Jambiekspose.com. pembangunan bidang Ketenagalistrikan merupakan sektor yang sangat strategis bagi pemerintah provinsi Jambi.

Rencana umum Ketenagalistrikan daerah (RUKD), ditetapkan sebagai acuan dalam pembangunan dan pengembangan sektor Ketenagalistrikan bagi pemerintah daerah.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kabid Geologi, air tanah, Karel Ibnu Suratno mewakili Kadis ESDM Provinsi Jambi yang berhalangan hadir Selasa(15/05/2018) Grand Hotel Jambi.

Turut mendampingi Kabid Ketenagalistrikan, Wasis Sudibyo, moderator Yussvinoza.

Dikatakan Karel Ibnu Suratno, RKUD ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi badan usaha milik daerah maupun swasta, koperasi dan Swadaya masyarkat pada pembangunan sektor Ketenagalistrikan.

“pertemuan FGD ini khususnya mengenai RKUD mempunyai peranan penting dengan adanya perubahan lingkungan strategis baik lokal, regional, nasional maupun global, “jelasnya.

Maka RKUD dapat dimutakhirkan sesuai dengan kondisi perubahan tersebut, kemudian disusun secara kuantitatif dengan rentang waktu perencanaan selama 20 tahun, agar penyusunan perencanaan penyediaan tenaga listrik lebih akurat.

“kondisi kelistrikan bagi Provinsi Jambi saat ini rasio elektrifikasi 93 persen, sumber daya energi listrik dipasok melalui sistem interkoneksi SUMBAGSELTENG, “ujarnya.

Sistem SUMBAGSELTENG ini saluran transmisi 150 kv dan sebagian sistem isolated. Beban puncak tertinggi 599 MW, sedangkan daya mampu pembangkit eksisting 357 MW.

terlihat jelas bahwa Provinsi Jambi masih membutuhkan energi listrik yang cukup besar, dimana pertumbuhan pelanggan di provinsi Jambi 7.56 persen.

Sementara itu ditambah oleh Wasis Sudibyo, kegiatan FGD ini untuk menghimpun dan mensinkronisasikan data-data kebutuhan tenaga listrik dari masing-masing stakeholder yang akan digunakan.

“Dalam penyusunan RUKD bagi Provinsi Jambi dapat disusun menjadi acuan untuk pengembangan Ketenagalistrikan untuk masyarakat Provinsi Jambi ke depan, “terangnya.

Peserta FGD ini ada sebanyak 30 orang berasal dari beberapa organisasi perangkat daerah dilingkungan pemerintah daerah Provinsi Jambi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Dinas DKP, Dinas lingkungan hidup, Dinas PUPR Provinsi Jambi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bappeda, BPS Provinsi, PLN, gabungan pengusaha kelapa sawit.(Inro)

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Danrem 042/Gapu Menghadiri Upacara Hari Ulang Tahun ke 61 Agraria Nasional

Jambiekspose.com ( Jambi ) – Komandan Korem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, S.I.P, M.M menghadiri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas