Rabu , Juni 16 2021
Home / Daerah / PTPN VI Ditunjuk  Sebagai PIC di wilayah Jambi Mengkoordinasikan BUMN Program Siswa Mengenal Nusantara.

PTPN VI Ditunjuk  Sebagai PIC di wilayah Jambi Mengkoordinasikan BUMN Program Siswa Mengenal Nusantara.

Jambi — Jambieksppse.com. PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 selaku pelaksana Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2018 di Provinsi Jambi, menyeleksi peserta yang akan mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ke Provinsi Maluku Utara.

Seleksi program SMN 2018 itu digelar di Hotel Golden Harvest Kota Jambi, Kamis, diikuti 30 orang siswa dari SMA/SMK di Provinsi Jambi dan dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Herianto.

Ketua Panitia Seleksi SMN 2018 Muhammad Tohir mengatakan seleksi program SMN akan dilakukan selama dua hari, 9-10 Agustus dengan tiga jenis ujian. Sedangkan peserta seleksi yang lolos menjadi peserta SMN 2018 diumumkan pada, Jumat (10/8). Dari 30 peserta akan dipilih sebanyak 20 orang.

“Pertama kita akan menyelenggarakan tes potensi akademik, tes wawancara dan pengetahuan siswa terhadap budaya Indonesia khususnya serta tes uji prestasi,” kata Tohir.

OK.M.Irfan memberikan kata sambutan

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Herianto mengatakan program SMN bertujuan mengenal keberagamaan dan kekayaan nusantara serta mencintai Indonesia kepada siswa. Dimana peserta SMN nantinya langsung berinteraksi dengan masyarakat di daerah tujuan.

“Siswa kita nantinya akan dikirim ke Maluku Utara dan peserta SMN Maluku Utara akan ke Jambi. Ini upaya mengenal keberagaman nusantara dan upaya menjaga persatuan dan kesatuan,” kata Agus.

Sebanyak 30 peserta seleksi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018 di Provinsi Jambi.

Kabag SDM dan Umum PTPN 6  H.OK.M.Irfan Ichlas mengatakan bahwa PT.Perkebunan Nusantara VI ditunjuk sebagai PIC di wilayah Jambi dalam mengkoordinasikan acara BUMN Hadir Untuk Negeri di Jambi, bersama-sama dengan PT.Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding, PTPN IV Medan, dan PTPN 5 Riau.

“dalam kegiatan Program siswa mengenal nusantara.
Hal ini disampaikannya saat pembukaan Seleksi Program Siswa Mengenal Nusantara  tingkat provinsi jambi tahun 2018, “jelasnya.

H.OK,M,Irfan Ichlas menambahkan, kegiatan ini bentuk kepedulian BUMN pada generasi muda agar lebih mengenal keanekaragaman suku dan budaya yang ada di Indonesia.

“Tujuan kegiatan ini untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan”,katanya.

dalam penjaringan peserta seleksi PTPN lebih mengedepankan anak-anak kurang mampu dan berprestasi.

“Berdasarkan intruksi Kementerian BUMN untuk siswa yang mengikuti seleksi adalah anak-anak kurang mampu namun berprestasi. Jadi kita menggabungkan dua sisi itu,” kata OK M Irfan.

Dari 30 peserta seleksi itu katanya dipilih 20 orang, dan 10 orang yang tidak terpilih nantinya akan diberikan beasiswa langsung oleh Menteri BUMN saat upacara 17 Agustus yang dipusatkan di lapangan unit usaha PTPN 6 di kawasan Ness, Kabupaten Muarojambi.

“Ya nanti 10 yang tidak terpilih menjadi peserta SMN kita berikan beasiswa. Bukan hanya anak SMA/SMK saja tapi juga siswa SLTP dan SD juga kita berikan beasiswa. Jadi BUMN hadir di tengah masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu,” katanya menjelaskan.

OK M Irfan juga berpesan kepada peserta yang lolos seleksi SMN 2018 untuk tetap menjaga kesehatan, jangan sampai terkendala fisik ketika diberangkatkan ke Maluku Utara pada 12 Agustus mendatang. Dan mendoakan PTPN semakin maju lagi.

Ia mengatakan sebelum berangkat ke provinsi tujuan, peserta SMN akan mendapatkan pembekalan baik itu persiapan diri, pengenalan BUMN, latihan kesenian, pengenalan dunia jurnalistik dan menulis artikel, foto dan video sekaligus menggunakan di media sosial, kunjungan ke BUMN pengirim dan lainnya.

Kemudian di provinsi tujuan peserta akan mengikuti program “2 Hari Bersama TNI”, pelatihan artikel, mengikuti bedah buku dan lainnya. Mereka juga akan mengunjungi lokasi warisan budaya di daerah itu.

Sementara peserta dari Malut yang tiba di Jambi pada 13 Agustus akan dibawa berkunjung ke Candi Muarojambi dan akan mendapatkan wawasan entrepreneurship dengan mengunjungi kebun dan pabrik teh serta instalasi pengelolaan kopi di kawasan Gunung Kerinci.(Inro)

Editor : K20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Kapolda Pimpin Rapat Penanganan Covid-19 Kota Jambi, di Ruang Coffee Morning Gedung Utama Mapolda Jambi

Jambiekspose.com,Jambi – Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, S.Ik mengimbau kepada masyarakat yang sedang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas