Senin , September 20 2021
Home / Daerah /  Kadis Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi Pemilihan Duta Baca Provinsi Jambi

 Kadis Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi Pemilihan Duta Baca Provinsi Jambi

Kadis Perpustakaan dan arsip daerah Provinsi Jambi Membuka pemilihan Duta Baca Provinsi Jambi

Jambi — Jambiekspose.com. Membaca adalah cara kita mengenal dunia, hal ini terkait dengan slogan “buku adalah jendela dunia”. Membaca adalah budaya yang perlu di di perkenalkan sejak usia dini.

Ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kadis Perpustakaan dan arsip daerah Provinsi Jambi, H. Syamsurizal SE, pemilihan Duta Baca Provinsi Jambi Sabtu(25/08/2018) Mall Lippo Plaza Jambi.

Dikatakan oleh Syamsurizal, Hal ini penting dilakukan oleh masyarakat terutama bagi kawula muda, karena zaman yang semakin maju dan berkembang, jika budaya membaca tidak dilakukan sejak usia dini maka generasi penerus indonesia akan tertinggal informasi.

“Banyak informasi disebarluaskan melalui media baca baik bacaan secara literal maupun bacaan yang secara digital, “jelasnya.

Oleh sebab itu tingkatkan intensitas membaca terutama di waktu senggang. Membaca dapat membangun pondasi yang kuat untuk dapat mempelajari dan memahami berbagai disiplin ilmu.

Kadis Perpustakaan dan arsip daerah Provinsi Jambi memberikan trophi pada pemenang Juara Pertama pemilihan Duta Baca Provinsi Jambi 

” perpustakaan sebagai tempat belajar sepanjang hayat mempunyai kontribusi untuk mengarahkan pada informasi yang benar-benar dibutuhkan, bukan informasi bohong dan menyesatkan,”imbuhnya.

Budaya membaca saat ini masih rendah, kalau kondisi ini dibiarkan, bagaimana nasib masyarakat kita ke depannya khususnya kualitas SDM.

Bagi perpustakaan dan arsip daerah Provinsi Jambi, mengedepankan masyarakat Jambi menjadi masyarakat membaca, menuju masyarakat budaya gemar membaca, serta Mencerdaskan kehidupan bangsa.

Untuk itulah diadakan pemilihan Duta Baca, dikarenakan kegiatan positif dan membantu meningkatkan minat dan budaya gemar membaca.

Kegiatan duta baca bukan tahun 2018 ini diselenggarakan tetapi sudah dilaksanakan pada tahun lalu dimana menampilkan duta baca, yaitu najwa Shihab.

Dijelaskan oleh Mirza Hasina, Kabid Pembinaan perpustakaan dan arsip Provinsi Jambi, Ketua penyelenggara duta baca Provinsi Jambi. Bahwa pemilihan Duta Baca ini diharapkan akan meningkatkannya frekuensi kunjungan masyarakat ke perpustakaan khususnya dinas perpustakaan dan arsip daerah Provinsi Jambi.

“hadirnya duta baca juga bisa menciptakan perpustakaan baru, TBM baru, perpustakaan komunitas, demi meningkatnya minat dan budaya gemar membaca, “ucapnya.
Pemilihan Duta Baca ini sudah dimulai dari 30 juli hingga sampai 18 agustus 2018 dimana yang mendaftar diri ada sebanyak 50 orang peserta.

” Namun setelah melalui penilaian berkas persyaratan dari dewan juri yang berhak lolos ada 30 orang kemudian di seleksi lagi oleh dewan juri menjadi 10 orang peserta untuk mengikuti pembekalan sampai masuk Grand final, “paparnya.

Untuk dewan juri ada 3(tiga) orang berasal dari Akademik UIN, penulis, Ariyandi Batubara, Pakar Komunikasi dan Bahasa dari Kantor Bahasa, Lukman Spd. MA, Penulis dan Sastrawan, Meiliana. K. Tansri. (Inro)

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Cepat Tanggap Bupati Mashuri Santuni Korban Kebakaran di Mampun

Jambiekspose.com (Merangin) – Bupati Merangin H Mashuri bersama Ketua DPRD Merangin Herman Effendi, menyantuni keluarga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas