Jumat , Agustus 6 2021
Home / Daerah / Kalaksa BPBD Provinsi Jambi Buka Bintek Pemantapan TRC

Kalaksa BPBD Provinsi Jambi Buka Bintek Pemantapan TRC

Kalaksa membuka secara resmi Bintek TRC

Jambi — Jambiekspose.com. Melalui tema Bintek pemantapan TRC, kita tingkatkan pemahaman tim reaksi cepat dalam penanganan bencana.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kalaksa BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah, SH, MH, bimbingan teknis pemantapan tim reaksi cepat (TRC) dalam menangani bencana Senin(24/09/2018) Hotel v Jambi.

Turut mendampingi Kadis Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrijal, Sekban BPBD Provinsi Jambi, Wasino,  mewakili Kasat Pol PP Provinsi Jambi, Kepala BMKG Provinsi Jambi,Kabid kedaruratan dan logistik,  Nursi.

Dikatakan oleh Bachyuni Deliansyah, SH, MH, TRC, representasi dari pemerintah daerah dilokasi bencana, serta kehadiran TRC ini merupakan sangat penting.

“TRC bencana ini merupakan suatu ikon yang menggambarkan BPBD bekerja secara profesional dalam penanggulangan bencana secara umum dan penanganan darurat secara khusus, “jelasnya.

tujuan dari pelatihan agar personel TRC dapat melaksanakan tugas secara cepat dan tepat saat tanggap darurat. Hal ini sesuai dengan perkembangan kondisi bencana yang terjadi melalui sistem penanganan darurat bencana dan pemanfaatan sumber daya manusia.

“para personil dari pelatihan Bintek TRC ini harus mempunyai 3(tiga) fungsi dan mempunyai kemampuan dalam sumber daya manusia akan tanggap bencana, “terangnya.

3(Tiga) fungsi itu, pertama,komando, dimana seorang tim harus bisa menjadi komando untuk mengarahkan para pengungsi maupun timnya dalam penanganan dan penanggulangan bencana, kedua, koordinator, selalu berkoordinasi dengan semua pihak, ketiga, leadership.

Ditambahkan oleh Kabid kedaruratan dan logistik,  Nursi
para personil TRC harus memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk rakyat, kerja tuntas dan fokus pada hasil, organisasi yang berbasis sistem dan teknologi, sumber daya manusia yang terpilih, terdidik dan terlatih.

Peserta ada sebanyak 40 orang berasal dari TRC Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi, dan narasumber.
Kegiatan Bintek Pemantapan TRC dilaksanakan selama 2 (dua) hari.(Inro)

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Polda Dan Polresta Jambi Jemput 43 Pasien Isoman dan Di pindahkan kesini

Jambiekspose.com ,( jambi) – Polresta Jambi melakukan penjemputan terhadap 43 pasien isoman untuk dirawat di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas