Minggu , Juni 13 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Kepala BPS Provinsi Jambi Buka FGD Penyusunan Disagregasi PMTB 2018

Kepala BPS Provinsi Jambi Buka FGD Penyusunan Disagregasi PMTB 2018

Foto Inro, Kepala BPS Provinsi Jambi Membuka FGD Penyusunan  Disagregasi  PMTB 2018

Jambi, Jambiekspose.com- -Salah satu indikasi perekonomian yang sehat, terjadinya geliat investasi yang mengiringi dinamika pertumbuhan ekonomi secara umum.

BPS Provinsi Jambi mengadakan Focus Group Discussion(FGD) penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto (PMTB) Provinsi Jambi tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan Sabtu(13/10/2018) Hotel Swiss Bell Jambi.

Turut mendampingi R.A. Eltribakti Umbas, SSI, MSI, Haris Izhar S. Par, Sekretaris PHRI, Ade Jermawinsyah Zebua. SE. MM Kabid kemitraan, pengembangan usaha dan SDM PHRI.

Dikatakan oleh Dadang Hardiwan, investasi merupakan leading indikator yang dapat memberikan perkiraan gambaran perekonomian dimasa depan, menguat mencerminkan optimisme pelaku usaha harus didukung oleh pemerintah menyediakan sarana dan material keperluan pengembangan usaha.

“penyusunan disagregasi PMTB 2018 merupakan salah satu amanat prioritas nasional dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan akan data investasi yang lebih rinci, dan lebih up to date, “jelasnya.

Dalam rangka mempercepat proses pembangunan perekonomian pemerintah mengeluarkan kebijakan prioritas Nasional, salah satunya dengan program prioritas perbaikan iklim investasi dan penciptaan lapangan kerja.

” dengan mendukung program prioritas diperlukan data investasi yang lebih rinci sehingga dilaksanakanlah kegiatan penyusunan disagregasi PMTB, “terangnya.

Data PMTB semula hanya dirinci menjadi 6(enam) jenis barang modal, akan dirinci menjadi 44 jenis barang modal pada 17 lapangan usaha dan 6(enam) institusi, pemerintah, korporasi finansial, non finansial, rumah tangga, lembaga non profit yang melayani rumah tangga.

Secara garis besar sumber data yang diperlukan dalam penyusunan disagregasi PMTB 2018 dari data primer melalui penyelenggaraan survei dan data sekunder yang didapatkan secara berkoordinasi dengan k/l maupun asosiasi terkait

Melalui FGD ini diharapkan dapat menjadi solusi atau sampling dan non sampling pada pengumpulan data dilapangan serta menjadi sumber informasi pelengkap yang memperkaya data survei disagregasi PMTB 2018.

“Kontribusi PMTB dalam PDRB Provinsi Jambi tahun 2017, PDRB ADHB sebesar 191.10 triliun, PMTBADHB sebesar 42.66 triliun dengan rincian, irvertcri 0.52 persen, laprt 0.50 persen, pemerintah 19.84 persen, pntb 22.32 persen, rumah tangga 44.53 persen, ekspor 69.48 persen, impor 45.29 persen, “urainya.

Pertumbuhan PMTB Provinsi Jambi tahun 2015 -1.00 persen, 2016 5.37 persen, dan 2017 7.61 persen ini dari 2016 hingga 2017 merupakan angka sementara dan angka sangat sementara(Inro)

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Kapolsek Jambi Timur Akp Hendra wijaya M.Sh,sik,Mh Monitoring Vaksinasi Massal diPuskesmas Kasang Jaya

Jambiekspose.com ,Kota Jambi – Kapolsek Jambi Timur Akp Hendra wijaya M.Sh,sik,Mh Monitoring Vaksinasi Massal diPuskesmas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas