Minggu , Desember 5 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Kabid Perumahan Buka Rakor I Persiapan Dan Sosialisasi Pilot Project Kebutuhan Rumah Bagi ASN Provinsi Jambi.

Kabid Perumahan Buka Rakor I Persiapan Dan Sosialisasi Pilot Project Kebutuhan Rumah Bagi ASN Provinsi Jambi.

 

Foto Inro, Kabid Perumahan Membuka Secara Resmi Rakor I

Jambi, Jambiekspose.com – – bertempat di hotel Infinity Kota Jambi Selasa(23/10/2018) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Dekonsentrasi Sub Bidang Pembiayaan Perumahan Provinsi Jambi menggelar rapat koordinasi I Persiapan Dan Sosialisasi.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kabid Perumahan PUPR Provinsi, Yenki Febrida mewakili Kadis PUPR Provinsi Jambi yang Berhalangan hadir.

Turut mendampingi  Hambali Sekretaris BKD Provinsi Jambi, Adrian Eka Putra, ST, PPK Dekonsentrasi Pembiayaan Perumahan Provinsi Jambi, Ketua Panitia Welly Yulvan Endin. ST.

Dikatakan oleh Yenki Febrida, pembinaan pendanaan dan sistem pembiayaan perumahan merupakan salah satu kegiatan dekonsentrasi sub bidang pembiayaan perumahan Provinsi Jambi.

“dengan fokus kegiatan pada proses pendataan ASN yang belum memiliki rumah, “jelasnya.

Kegiatan pendataan dan sosialisasi melibatkan pemangku kepentingan baik ditingkat pusat maupun daerah seperti Pemerintah daerah Provinsi Jambi, BKD, Diknas, Dinas Perkim Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi.

” Hal tersebut juga merupakan salah satu program yang didorong oleh Bappenas dalam rangka memperdayakan Pemda Anggaran sekitar Rp34 milyar untuk 34 Provinsi di Indonesia, “terangnya.

Untuk pendataan dalam rangka Pembiayaan Swadaya Mikro Perumahan dan juga BP2BT, pendataan ini rencanaya akan memanfaatkan teknologi yaitu dengan kriya mobile, dan basis data E-Rumah Subsidi.

Nantinya, sumber data E-Rumah Subsidi dari pengembang akan di upload sehingga masyarakat yang berminat membeli rumah bersubsidi bisa langsung mengakses datanya lewat website.

Foto Inro Kabid Perumahan PUPR Provinsi Jambi.

“PUPR Provinsi bidang perumahan telah melakukan analisis backlog melalui kajian dokumen RP3KP tahun 2018 ada sebanyak 126.413 yang unit, dan backlog kepemilikan rumah ASN sebanyak 14.833 unit,  “ucapnya.

Ditambahkan oleh Welly Yulvan Endin. ST, BP2BT dapat memberikan jawaban bagi masyarakat dalam memenuhi kelengkapan administrasinya atau tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan fasilitas KPR dari perbankan, baik dalam rangka pemilikan rumah maupun untuk pembangunan rumah barusan secara Swadaya.

“Memahami secara rinci seluruh tahapan proses, teknis pelaksanaan peran masing-masing pemangku kepentingan terkait pelaksanaan pilot project BP2BT,”ucapnya.

Dijelaskan oleh Adrian Eka Putra , ST, bahwa Rakor ini dilaksanakan untuk menyebarluaskan aplikasi pengumpulan data kebutuhan rumah untuk ASN kepada perwakilan dari BKD, Dinas PKP Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi.

“Hal inilah menjadi perhatian khusus dari kegiatan dekon pembiayaan perumahan Provinsi Jambi untuk mengupayakan sistem pembiayaan membeli Rumah layak huni melalui sistem pinjaman, “terangnya.

Peserta yang mengikuti Rakor ada sebanyak perwakilan SKPD kabupaten kota se Provinsi Jambi sebanyak 60 orang terdiri dari instansi yang menangani perumahan dan kawasan permukiman, Diknas, BKD dan perwakilan dinas yang menangani bidang PKP badan perwakilan dari unsur bank pelaksanaan program  Perwakilan dari Asosiasi terkait bidang PKP.

Rakor ini dilaksanakan selama 2(dua) hari dengan menghadirkan narasumber dari Sekretaris BKD Provinsi Jambi dan PUPR Provinsi Jambi bidang perumahan. (Inro).

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

PWN dibuka Langsung oleh Menpora secara Virtual

Jambiekspose.com BATANGHARI- Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang diwakilkan kepada Menteri Olahraga Republik Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *