Rabu , Juni 16 2021
Home / Daerah / Kabid Tata Ruang Dan Pertanahan PUPR Provinsi Jambi Buka Secara Resmi Pelatihan Pemetaan Dasar Tata  Ruang  Lanjutan

Kabid Tata Ruang Dan Pertanahan PUPR Provinsi Jambi Buka Secara Resmi Pelatihan Pemetaan Dasar Tata  Ruang  Lanjutan

Foto Inro, Kabid Tata Ruang Dan Pertanahan Buka Pelatihan Pemetaan Dasar Tata ruang.

Jambi, Jambiekspose.com – – Dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini ikut melahirkan sistem informasi geografisnya atau SIG, pengolahan peta secara terkomputerisasi.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh
Kabid tata ruang dan pertanahan, Ir Edy Fernando, Pelatihan pemetaan dasar tata ruang lanjutan Selasa(11/12/2018) Hotel Abadi Suite Jambi.

Turut mendampingi Ir. Hendri Eriadi, Kasi Perencanaan teknik PUPR Provinsi Jambi,  Narasumber Logis.

Dikatakan oleh Edy Fernando, Perencanaan Tata Ruang merupakan salah satu bidang perencanaan yang sangat penting peran dalam rangka merencanakan pembangunan wilayah yang komprehensif dan terintegratif.

Sesuai UU nomor 4 tahun 2011, Informasi Geospasial mengamanatkan untuk melakukan pembinaan sumberdaya manusia bidang informasi geospsial. Seiring dengan program pembangunan Nasional dan tata ruang,

“Sistem Informasi Geografis (SIG) menjadi komponen yang sangat penting, apalagi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019, Program Pemerintah mengedepankan aspek spasial dalam perencanaan, “jelasnya.

Terkait hal tersebut, tenaga ahli dibidang SIG pada berbagai Dinas/Instansi serta Pemerintah Daerah Kab/Kota di Provinsi Jambi sangat dibutuhkan dalam menunjang Pembangunan Nasional.

Jadi peran besar SIG tidak terlepas dari ketersediaan SDM yang mampu mempergunakan teknologi tersebut, serta pelatihan merupakan lanjutan dari bulan Maret yang lalu.

“Bimbingan Teknis Peningkatan Sumber Daya Aparatur Bidang Penataan Ruang (Pelatihan Pemetaan Dasar Tata Ruang),”terangnya.

Diharapkan kepada seluruh peserta Bimbingan Teknis, dengan memperoleh ilmu selama mengikuti Bimtek ini dapat dimanfaatkan dan diimplementasikan dalam perkembangan pekerjaan yang bapak/ibu lakukan saat ini dengan sebaik-baiknya.

Peserta diharapkan mampu mengindentifikasi program-program tata ruang di daerah melalui teori, konsep, metode, dan teknik yang diberikan selama mengikuti pelatihan. Pemahaman dan kemampuan peserta akan diperdalam dengan melakukan latihan perencanaan, sehingga pada akhir kegiatan peserta pelatihan dapat menyusun dokumen program-program tata ruang.

Peserta ini diikuti ada sebanyak 22 orang dari Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi, pelatihan dilaksanakan selama 3(tiga) hari dengan narasumber dari lembaga Logic GIS Jakarta. (Inro).

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Kapolda Pimpin Rapat Penanganan Covid-19 Kota Jambi, di Ruang Coffee Morning Gedung Utama Mapolda Jambi

Jambiekspose.com,Jambi – Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, S.Ik mengimbau kepada masyarakat yang sedang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas