Selasa , Juni 15 2021
Home / Berita Terkini / Resmikan Labkesda, Fasha Harap Penanganan Covid-19 di Kota Jambi Maksimal

Resmikan Labkesda, Fasha Harap Penanganan Covid-19 di Kota Jambi Maksimal

Jambi|Jambiekspose.com – Masyarakat Kota Jambi boleh bernafas lega, Kota Jambi telah memiliki sendiri Laboratorium pengujian sampel uji SWAB PCR untuk penanganan Covid-19 di Kota Jambi. Senin pagi (21/12), Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha meresmikan gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) milik Pemerintah Kota Jambi, yang akan melayani uji Swab PCR bagi masyarakat di Kota Jambi.

Acara peresmian tersebut diawali dengan pelantikan Pejabat Struktural Labkesda Kota Jambi, yaitu dr. Ade Delpita, Sp. PK sebagai Kepala UPTD Labkesda Kota Jambi dan Tri Suyono sebagai Kasubbag TU Labkesda Kota Jambi. Peresmian gedung ditandai dengan prosesi pengguntingan pita yang dilakukan oleh Wali Kota Fasha. Dalam kesempatan itu, Wali Kota Fasha juga meninjau secara langsung sarana dan prasarana penunjang laboratorium yang dibangun menggunakan dana insentif pemerintah pusat tersebut.

“Sengaja meskipun hanya dua personil yang saya lantik dan saya harus turun tangan langsung karena saya menaruh harapan besar terhadap Labkesda ini. Saya inginkan Labkesda ini adalah solusi bagi Kota Jambi,” ujat Wali Kota Fasha.

Lebih lanjut, Fasha berharap Labkesda Kota Jambi tersebut, sudah dapat beroperasi efektif pada Januari mendatang.

“Kita harapkan kedepan, Labkesda ini memiliki peralatan yang tidak dimiliki di tempat lain, namun ada disini. Saat ini mungkin masih persiapan untuk penempatan alat dan mungkin minggu depan sudah mulai di adakan uji coba, fix nya mungkin di awal Januari sudah melaksanakan uji coba. Untuk PCR juga yang dari Singapore, Insya Allah minggu depan sudah akan datang ke Indonesia, juga berikut dengan BHP dengan lain sebagainya. Mudah-mudahan di Januari nanti sudah bisa operasi nantinya, setelah di asessment nantinya,” pungkasnya.

Terkait dengan instrumen peralatan Uji Swab, Pemkot Jambi mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti Pemerintah Singapura (melalui Temasek Foundation) untuk dukungan bantuan pengadaan alat uji Swab PCR dan paling anyar adalah dukungan dari Forum CSR Kota Jambi.

Forum CSR Kota Jambi menyatakan kesiapan dukungannnya untuk membantu Pemkot Jambi dalam mengadakan alat Uji Swab PCR dan reagent untuk tes tersebut. Dukungan berupa hibah alat uji Swab tersebut, juga merupakan wujud bantuan Temasek Foundation yang memfasilitas pengadaan alat tersebut dari negara Singapura.

Sebagaimana diketahui bahwa Kota Jambi bukan pertama kalinya mendapatkan bantuan terkait penanganan Covid-19 dari Pemerintah Singapura. Tercatat, sudah kelima kalinya Pemerintah Singapura, melalui holdingnya, Temasek Foundation memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Jambi.

Pemerintah Singapura melalui Temasek Holding pertama kali memberikan bantuan pada Kota Jambi dalam bentuk, handsanitizers concentrate, PCR tests (untuk 10.300 sampel yang dihibahkan kepada BPOM Jambi). Yang kedua, adalah BIPAP non-invasive ventilators (dihibahkan ke RSUD H. Abdul Manap, RS. DKT Bratanata dan RS Bhayangkara Jambi), dan 30.000 pcs Reusable Masks,
PPE dan paling anyar 20 units of Oxygen concentrate (dialokasikan untuk RSUD H. Abdul Manap, RSUD Abd. Sayoeti, dan Puskesmas Rawat Inap di Kota Jambi), serta 5.000 units
Fortitude, 5.184 unit MGIEasy Magnetic Beads Virus DNA/RNA Extraction Kits, 5,000 units Resolute (Bahan ekstaksi test SWAB PCR setara 5.000 sampel SWAB), yang akan dialokasikan untuk Labkesda Kota Jambi.
( maman)

Spread the love

About jambi ekspose

Check Also

Kapolda Jambi, Lantik dan Sertijab, Kapolres muaro Jambi dan Karo ops polda jambi

Jambiekspose.com,Jambi – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menggelar upacara serah terima jabatan (sertijab) Kepala Biro Operasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas