Minggu , Agustus 1 2021
Home / Berita Terkini / KNKT Lakukan Investigasi Batik Air, ini hasil nya, dan bandara pun kembali normal

KNKT Lakukan Investigasi Batik Air, ini hasil nya, dan bandara pun kembali normal


Jambiekspose.com – Proses evakuasi pesawat Batik Air ID 6803 berhasil dilakukan dan Bandara Sultan Thaha Jambi kembali beroperasi normal.

Eksekutif General Manager Bandara Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi, Indra Gunawan saat di konfirmasi mengatakan, proses evakuasi pesawat Batik Air ID 6803 PK-LUT berhasil dilakukan pada minggu, 7 maret sekitar pukul 06.35Wib dan pesawat saat ini sudah berada ditempat parkir pesawat (apron) untuk dapat dilakukan perbaikan lebih lanjut tanpa mengganggu aktifitas pergerakan di bandara.

“Ya, saat ini pesawat telah berada di apron dan akan dilakukan perbaikan lebih lanjut tanpa mengganggu operasi penerbangan yang lain di bandara,” ujarnya.

Indra mengatakan setelah proses pemindahan pesawat selesai dilakukan, tim dari unit infrastruktur bandara dan unit safety risk & QC akan melakukan pembersihan dan pengecekan terhadap seluruh area landasan pacu untuk memastikan kembali bahwa landasan pacu siap digunakan dan aman untuk didarati kembali oleh pesawat udara.

“Minggu sekitar pukul 08.45wib, bandara dinyatakan kembali dibuka untuk operasional penerbangan ditandai dengan terbitnya Notam (Notice to Airman) nomor C0268/21 NOTAMC C0267/21 perihal Runway Resumed Normal Operation,”jelasnya senin, 8 maret 2021.

Indra menyampaikan, Penerbangan pertama kali mendarat di Bandara STS Jambi yakni penerbangan Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 126 dari Jakarta dengan mendarat aman dan selamat tepatnya sekitar pukul pukul 10.39 wib dan pada penerbangan tahap awal ada juga tim investigasi dari KNKT yang akan melakukan investigasi untuk mencari penyebab terjadinya insiden Batik Air dengan tujuan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi pada penerbangan di Indonesia.

“Tim Investigasi dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi akan menyelidiki apa penyebab Batik Air putar balik ke Jambi,”terangnya.

Ia menceritakan, proses evakuasi pesawat saat di tengah landasan pacu bandara, tim dari Lion Air Grup membawa peralatan alat dari Batam ke Jambi untuk memperbaiki ban pesawat Batik Air yang sebelumnya mengalami kerusakan setelah selesai, pesawat langsung dibawa ke parkiran pesawat bandara.

“Minggu dinihari kemarin, pesawat kecil bernama ATR dari Batam ke Jambi membawa peralatan seperti ban dan lain-lain dan tepat minggu dinihari, sekitar pukul 03.00wib langsung memperbaiki ban dan sekitar pukul 06.00wib ban pesawat selesai diperbaiki,”katanya.

Tidak sampai disitu, meski pesawat sudah selesai diperbaiki, pesawat Batik Air dengan ID 6803 PK-LUT belum bisa terbang, karena tim KNKT masih menginvestigasi pesawat,”cetusnya.

( red Rif 002)

Spread the love

About jambi ekspose

Check Also

Polda jambi terus lakukan vaksinasi, besok masih ada di Gor Kota baru, 2.646 vaksin dalam dua hari

Jambiekspose.com ( Jambi) – Guna memutus dan mencegah covid 19 di kota jambi,dan tercapainya target …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas