Minggu , Juni 13 2021
Home / Berita Terkini / Polres Muaro Jambi Siap Tingkatkan Keamanan dan Pengawasan Jelang PSU di Wilayah Muaro Jambi

Polres Muaro Jambi Siap Tingkatkan Keamanan dan Pengawasan Jelang PSU di Wilayah Muaro Jambi

Jambiekspose.com, Muaro Jambi – Putusan Sengketa Pemilihan Gubernur Jambi dalam Pilkada 9 Desember 2020 lalu, telah menemukan titik terang. Dalam Amar putusan Mahkamah Konstitusi, akan di laksanakan Pemungutan suara ulang atau PSU di 5 kabupaten atau kota di Provinsi Jambi.

Kabupaten Muaro Jambi, menjadi salah satunya dengan TPS terbanyak yang akan melaksanakan PSU di 3 Kecamatan, 20 Kelurahan dengan total jumlah suara sebanyak 20.319 Suara di 59 TPS yang akan PSU nanti.

Sementara itu, kapan akan dilaksanakan PSU ini, KPU masih menunggu instruksi dari KPU RI. Tetapi, berdasarkan informasi yang beredar KPU Provinsi Jambi telah menganggarkan dana sebesar Rp 7.8 Miliar untuk menyelenggarakan PSU.

Di Samping itu, Mahkamah Meminta pihak Kepolisian Republik Indonesia khusunya Kepolisian Provinsi Jambi untuk mengawasi jalannya pemungutan suara ulang.

Diketahui, saat pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu, Polda Jambi menerjunkan ratusan personil khusus untuk melakukan pengawasan terhadap tindakan yang melanggar peraturan dalam pelaksanaan pemilu tersebut.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto Menyebut, tim Gakkumdu Akan terus bekerja untuk lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran Pilkada baik itu untuk PSU nanti, pengawasan dan Penegakan akan di tingkatkan.

“Terkait penegakan hukum Pilkada Gubernur, sudah ada tim Gakkumdu bang, baik di polda maupun Polres bersama Bawaslu dan kejaksaan, tim gakkumdu masih tetap bekerja mengawasi dan memproses pelanggaran pilkada,”kata Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto saat di konfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Terpisah, hal ini turut di dikatakan oleh Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto saat di konfirmasi terkait pengamanan dan pengawasan sebelum dan sesudah pelaksanaan PSU di Muaro Jambi menyebut pihaknya siap untuk melaksanakan tugas yang di berikan sesuai SOP.

“PSU di Muaro Jambi ada 59 TPS di 3 Kecamatan, tentu kita akan lakukan komunikasi bersama pihak terkait untuk pelaksanaan PSU ini. Kita siap jalankan tugas yang di berikan sesuai perintah atasan,”ucap Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto, Rabu (24/03/2021).

Selanjutnya, untuk pengawasan dan tindakan yang melanggar peraturan pemilu, pihaknya yang tergabung di Gakkumdu akan terus bekerja untuk pemilu damai di wilayah hukum Polres Muaro Jambi.

“Ada Gakkumdu, jika Bawaslu menemukan tindakan yang menciderai demokrasi maka akan kita bantu backup,”jelasnya.

Sementara itu, untuk berapa banyak jumlah personel yang akan diterjunkan Polres Muaro Jambi dalam PSU ini, Kapolres tidak banyak berkomentar.

Dirinya menjelaskan, untuk saat ini semua masih dalam proses dan tentunya nanti personel tetap akan lakukan pengawasan ketat sebelum dan sesudah pelaksanaan PSU di Muaro Jambi

“Untuk angka pasti berapa banyak anggota yang kita turunkan dalam pengaman PSU untuk saat ini masih dalam proses, tentunya personel akan bekerja baik sebelum maupun sesudah PSU,”pungkasnya.

Spread the love

About jambi ekspose

Check Also

Kapolri Akan Tegur Kapolda dan Kapolres yang Belum Tindak Premanisme

Jambiekspose.com ,JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan akan memberikan teguran kepada Kapolda dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas