Jumat , Oktober 22 2021
Home / Berita Terkini / 2 SD Ini Bawa Provinsi Jambi Di Ajang Final Kihajar STEM 2021

2 SD Ini Bawa Provinsi Jambi Di Ajang Final Kihajar STEM 2021


Jambi — Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan program KIHAJAR 2021. Program ini dibentuk mengangkat semangat Ki Hajar Dewantara untuk merdeka belajar di Indonesia.

Sementara itu Kihajar STEM merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik di satuan pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK/ sederajat dan SILN agar dapat memiliki keterampilan berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah atau project berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Math) melalui pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Berdasarkan informasi yang berhasil di
himpun, 3 (tiga) tim SD asal Provinsi Jambi berhasil lolos ketahap nasional, dimana 2 tim yang berhasil lolos tersebut berasal dari Sekolah Dasar Islam Al-Falah 2 Kota Jambi dan 1 tim lagi berasal dari SD Negeri 030/Vlll Wirotho Agung Kabupaten Tebo

Ananda Fachrur Rais Iqbal bersama 2 (dua) orang rekan satu timnya yakni Rifhan Hijazi dan Chintiqa Aurora Prameswari yang berada di Tim 1 dan bersama 3 orang teman lainnya yang berada di tim lain dari SDI Al-Falah 2 Kota Jambi mewakili Provinsi Jambi di Kanca Nasional.

Murid yang masih duduk di kelas 6 Sekolah Dasar itu diketahui berhasil lolos masuk ke tahap Final Kihajar STEM 2021.

” Mereka ini juara lomba cerdas cermat tingkat Kota Jambi mendapatkan juara 1, sekitar bulan Mei lalu, dan sekarang tahap final kihajar ” Ungkap salah satu orang tua dari murid berprestasi itu, Rabu, (1/09/2021).

Sementara itu dari pihak orang tua yang enggan di sebutkan namanya itu kembali mengatakan bahwa dengan berusahanya mereka membawa nama Provinsi Jambi dalam bidang pendidikan tingkat SD dalam Lomba Kihajar ini, diharapkan ini bisa memacu semangat siswa-siswi lain agar bisa terus berprestasi dan berkarya meski saat pandemi seperti saat ini.

Secara terpisah Kepala Sekolah Dasar Islam Al-Falah 2 Kota Jambi, Utomo Widyanto membenarkan bahwa siswa-siswi yang mengenyam pendidikan disekolah yang dipimpinnya sedang mengikuti ajang bergengsi di tingkat nasional dengan membawa nama Provinsi Jambi.

” Alhamdulillah saat ini ada 2 tim, setiap tim beranggotakan 3 orang siswa, sedang mengikuti putaran final lomba Kihajar STEM 2021 Daring,
pada putaran final tingkat nasional ini setiap team sudah melaksanakan 2 tahapan lomba yaitu pembuatan produk video yang temanya ditentukan oleh Pusat dan untuk tahapan selanjutnya ” Ungkapnya, Rabu, (1/09/2021).

Lebih lanjut dikatakan Utomo, bahwa anak didiknya kedepan akan kembali menghadapi ujian presentasi hasil karya mereka

” Insya Allah anak anak akan menghadapi ujian presentasi dan wawancara terkait produk yang sudah dikirim ke pusat ” Pungkasnya.

Kihajar STEM 2021 ini dilaksanakan secara daring dan setiap peserta akan berkompetisi sesuai dengan jenjang di provinsi masing-masing. Peserta terbaik dari tiap provinsi menjadi Gen Kihajar yang diharapkan dapat yang menjadi perpanjangan tangan Pusdatin dalam memanfaatkan dan mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pembelajaran, khususnya pemanfaatan layanan Pusdatin, yaitu TV Edukasi, Rumah Belajar, dan Suara Edukasi.

Berdasarkan rekapitulasi peserta setiap provinsi per Rabu, 01 September 2021 terdata sebanyak 145 tim dari berbagai jenjang pendidikan (SD/SMP/SMA/SMK) dari Provinsi Jambi.

(R002)

Spread the love

About jambi ekspose

Check Also

Minyak Solar Langka di Jambi, Mobil Sampai Antri Ber Jam Jam , ada apa ini ?

Jambiekspose.com ( Jambi ) – Kelangkaan BBM jenis solar di Jambi mulai menunjukan kelangkaan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas