Senin , Agustus 15 2022
Home / Berita Terkini / Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Begini kata Hasbi Anshory

Pemerintah Siapkan Puluhan Ribu Set Top Box Gratis Untuk Warga Jambi,  Begini kata Hasbi Anshory

Jambiekspose.com ( Jambi) – Pemerintah melalui Kementerian Kominfo Republik Indonesia lewat Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong bersama Anggota DPR RI komisi 1 dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Hasbi Anshory akan menyalurkan set top box kepada masyarakat Jambi.

Dalam acara Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan seremonial penyerahan bantuan Set Top Box (STB), Usman Kansong menyebut di Provinsi Jambi sendiri ada lll tahap penyaluran yang mana Kota Jambi menjadi target utama ASO dan akan disusul oleh Kabupaten atau Kota lainnya yang ada di Provinsi Jambi.

” Sedikitnya ada 40 ribu masyarakat akan menerima set top box, dengan peralihan ke TV digital jangkauan saluran tv lebih luas dengab gambar yang bersih dan suara yang jernih jadi masyarakat tidak perlu menggunakan parabola lagi, untuk keberhasilan ASO pemerintah bekerjasama dengan berbagai pihak. ” Ujar Usman Kansong, Senin (27/06/2022).

Pemerintah mengklaim bahwa dengan menggunakan set top box ini masyarakat akan mendapatkan banyak keuntungan diantara kualitas gambar lebih baik dengan suara jernih dan jangkauan saluran tv lebih banyak.

Disamping itu Usman berharap kepada masyarakat dengan kategori ekonomi menengah ke atas dapat membeli set top tersebut yang mana harga STB sangat terjangkau.

” Perangkat stb harus mudah di peroleh dengan harga terjangkau, sekarang berkisar antara Rp. 150 ribu sampai Rp.  200 ribu, bagi masyarakat kategori miskin diberikan secara gratis dengan total bantuan stb yang akan diberikan mencapai 6,7 juta stb sesuai dengan angka jumlah rumah tangga miskin ” Imbuhnya.

Sementara itu Hasbi Anshory mengatakan di Provinsi Jambi akan disalurkan pada lll tahapan,  Hasbi menyebut hambatan molornya peralihan tv analog ke tv digital ini karena tidak adanya undang-undang yang mengatur hal tersebut.

Maka dari itu Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat bekerjasama untuk segera merealisasikan ASO, kendati demikian Hasbi berharap masyarakat di Provinsi Jambi setelah tanggal 2 November 2022 sudah beralih ke tv digital.

” Hambatan utamanya tidak adanya undang-undang yang jelas mengatur hal tersebut,  maka dari kami melakukan revisi agar segera terealisasi dan di Provinsi Jambi sendiri ada lll tahap, dan selambat-lambatnya tanggal 2 november 2022 sudah tersalurkan ” Pungkasnya.

Diketahui Masyarakat yang nantinya akan menonton siaran TV hanya bisa terhubung pada siaran TV digital dengan menggunakan Set Top Box (STB). Untuk siaran Analog sudah tidak tersedia lantaran siaran TV sudah tidak lagi pakai antena Ultra High Frequency (UHF).

Bagi yang saat ini masih menggunakan TV jadul, bisa menggunakan STB sebagai perangkat untuk menangkap siaran digital sehingga tak perlu membeli TV baru.

Sementara itu Wali Kota Jambi, Dr. Syarif Fasha menyebut bahwa masyarakat Kota Jambi siap untuk untuk beralih dari tv analog ke tv digital, perlu di ketahui untuk Kota Jambi sendiri sebanyak 13.201 STB segera di salurkan.

” Terimakasih kepada pak dirjen telah menyapa kita di Jambi,  yang telah di fasilitasi oleh anggota DPR RI kita, pak Hasbi Anshory, tentunya masyarakat kita siap untuk beralih dari siaran analog ke digital ” Kata Fasha.  ( red 007 )

Spread the love

About jambi ekspose

Check Also

HAR, Kunjungi Pedagang di Kawasan Tugu Keris Kota Jambi, di Bawah Binaan DPW GARPU Jambi Akan Lebih baik

Jambiekspose.com ( Jambi) – Ratusan pedagang di kawasan kuliner tugu keris kota Jambi yang bergabung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Lewat ke baris perkakas