Sabtu , Juni 22 2024
Home / Kesehatan / Peduli Kesehatan Wanita, TP PKK Payolebar Selenggarakan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

Peduli Kesehatan Wanita, TP PKK Payolebar Selenggarakan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara

Jambiekspose.com (Kota Jambi)- TP PKK Kelurahan Payolebar dan UPTD Puskesmas Simpang Kawat, mengadakan kegiatan yang bertajuk “Deteksi Dini Wujudkan Wanita Tangguh Dan Sehat Bebas Kanker Serviks dan Payudara” bertempat di Lingkungan RT. 12 Kelurahan Payolebar, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan TP PKK Payolebar ini melibatkan tenaga medis dari Puskesmas Simpang Kawat. Sebanyak puluhan peserta dari lingkungan sekitar mengikuti kegiatan deteksi dini kanker serviks dan payudara ini.

Penyakit kanker serviks adalah pembunuh wanita nomor satu di Indonesia. Tingginya kasus kanker serviks di Indonesia hingga WHO menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk penderita kanker serviks terbanyak di dunia. Sementara kanker payudara merupakan penyakit dengan kasus terbanyak kedua setelah kanker serviks.

Maka dari itu dalam kegiatan tersebut dilakukan Tes IVA dan Sadanis yang merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker serviks dan payudara. Tes IVA (Inspeksi Visual Asetat) berfungsi untuk mencegah sekaligus mendeteksi dini kemungkinan wanita dewasa mengidap penyakit kanker serviks atau leher rahim, sedangkan Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis) untuk menghindari termasuk mengetahui kemungkinan terjangkitnya penyakit kanker payudara.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan perhatian dan dukungan akan kesadaran terhadap bahaya kanker serviks dan kanker payudara pada wanita, khususnya di lingkungan Kelurahan Payolebar.

Dr Nuriyah yang akrab disapa Dr Inoy saat ditemui awak media disela kegiatan mengatakan “Kami dari tim kesehatan Puskesmas Simpang kawat mengucapkan terimakasih kepada TP PKK payolebar yang telah membantu kami untuk memfasilitasi kegiatan ini karena kegiatan ini sangat bermanfaat agar masyarakat kita bisa terbebas dari kanker mulut rahim dan kanker payudara” Ungkapnya.

Sementara Ketua TP PKK Kelurahan Payolebar Atrikah dikesempatan yang sama mengatakan “Kami Tim TP PKK sangat berterimakasih kepada tim kesehatan puskesmas simpang kawat atas kerjasamanya, bahwasanya ini kegiatan dari Pokja 4 untuk mengajak masyarakat untuk mau memeriksakan Tes IVA (Inspeksi Visual Asetat) yang sebelumnya sudah kita sosialisasikan terlebih dahulu ditengah masyarakat biar masyarakat mau” paparnya.

Terimakasih juga kepada ibu Lurah Payolebar yang selalu mensupport segala kegiatan kami. Yang mana inovasi yang telah kami laksanakan dari TP PKK Payolebar yaitu PUTAR ( jemput antar) dimana warga kita jemput untuk diperiksa dan kita antar kembali ke rumah, karena selama ini masyarakat enggan karena takut. Karena itu bagaimana siasat agar sasaran kita dapat tercapai” Tutup Atrikah.

(Indra jaya)

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Dandim 0415/Jambi Sambut Kunjungan Kerja Pangdam II/Sriwijaya

    JAMBIEKSPOSE.COM | JAMBI — Komandan Distrik Militer (Dandim) 0415/Jambi, Letkol Inf Yoga Cahya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas