Senin , Juli 15 2024
Home / Daerah / Kota Jambi / Idul Adha, Masjid Azizi Kurban 17 Hewan

Idul Adha, Masjid Azizi Kurban 17 Hewan

 

 

 

JAMBIEKSPOSE.COM | JAMBI — Perayaan Idul Adha 1445 Hijriyah yang dilaksanakan Senin (17/6), Pengurus Masjid Azizi, Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung Kota Jambi melakukan pemotongan hewan kurban. Total 17 hewan kurban.

Dari pantauan Media ini, hewan kurban sapi, kerbau maupun kambing sejak hari minggu kemarin sudah berdatangan untuk dikurbankan dan disembelih.

 

 

Adapun jumlah hewan kurban yang masuk ke pihak panitia untuk dikurbankan tahun ini ada 8 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 8 ekor sapi.

Bobby Quthni, selaku tokoh pemuda kebun Jeruk menjelaskan “Alhamdulillah untuk kurban juga banyak seperti tahun-tahun sebelumnya. Semoga menjadi keberkahan bagi masyarakat yang sudah ikut berkurban, barakallah dan semoga bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

 

 

Sekadar diketahui, berkurban pada Hari Raya Idul Adha yang diperingati setiap 10 Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan dan hikmah. Ibadah kurban mengajarkan agar manusia senantiasa memperhatikan nasib orang kecil. Bagi yang mampu harus mengasihi orang yang lebih lemah. Hewan kurban yang disembelih kemudian dibagikan kepada kaum dhuafa`, mengajarkan agar orang-orang yang diberi keluasan rezeki oleh Allah Subhannahu wa Ta’ala, agar tidak lupa diri.

Perintah berkurban hakikatnya adalah wajib bagi yang mampu. Berkurban sejatinya adalah media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan berkurban, merupakan suatu bentuk kepatuhan dan ketaatan makhluk kepada sang pencipta. Barang siapa berkurban karena takwa kepada Allah, maka Allah akan menerima kurban tersebut menjadi amalan baik di sisi-Nya. Dengan berkurban juga menjadi media umat untuk meraih ketakwaan. Apa yang ingin diraih dalam ibadah kurban ini bukanlah persembahan daging dan darahnya, melainkan untuk mendapatkan ketakwaan.

Hewan kurban juga akan menjadi saksi amal kebaikan di akhirat. Saat menjalankan ibadah kurban, maka umat yang berkurban akan mendapatkan ganjaran yang berlipat dari Allah.

Indra Jaya

Spread the love

About Kang Maman

Check Also

Gubernur Al Haris dan Hesnidar Haris Dianugerahi Gelar Adat Nagari Paninggahan Solok 

  JAMBIEKSPOSE.COM | JAMBI  — Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH beserta istri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas