Jumat , Agustus 6 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Kabid GTK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Buka Bintek UKS

Kabid GTK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Buka Bintek UKS

Kabid GTK Memberikan Trofi Pada Pemenang Lomba UKS Se-Provinsi Jambi

Jambi — Jambiekspose.com. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS),  usaha  kesehatan  masyarakat  yang ditujukan kepada masyarakat sekolah, pada anak didik, guru, dan karyawan sekolah lainnya.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kabid GTK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, dr. Sofyan, bimbingan teknis(Bintek) rabu(04/04/2018) Hotel Ceria Jambi.

Turut mendampingi Mai Yanti Sari, Staf Program, Damri, Ketua Pelaksana.

Dikatakan oleh Sofyan, tujuan utama dari Bintek ini meningkatkan kompetensi pada guru-guru UKS dan pembina, termasuk kepala sekolah sebagai penyelenggara UKS.

“Upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu, melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah  tersebut, “jelasnya.

UKS merupakan upaya terpadu lintas program dan lintas sektor untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya terbentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  baik bagi peserta didik, warga sekolah maupun warga masyarakat.

Promosi kesehatan itu dilakukan mulai sekolah TK, Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), maupun MA

“UKS secara  umum, untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik. Terutama dalam lingkungan sekolah, dari kantin sekolah, wc, saluran air, “terangnya.

Secara khusus agar  peserta didik  memiliki  pertama, pengetahuan, sikap,  keterampilan untuk berprilaku hidup sehat. Kemudian kedua, Sehat jasmani, rohani, sosial, ketiga,  Memiliki daya tangkal dan daya hayat terhadap pengaruh buruk narkotika, rokok, alkohol dan obat berbahaya lainnya.

Bintek ini dilaksanakan agar pembinaan  UKS dan pengembangan UKS tercapaimya  pembinaan yang terpadu dan intensif agar berhasil guna dan berdayaguna secara optimal.

“Sasaran dan Ruang Lingkup UKS mulai dari Prasekolah sampai dengan Sekolah Menegah Atas, termasuk perguruan agama dan lingkungannya, “urainya.

Sasaran Pembinaan pembinaan Bintek ini, Peserta didik
Pembina Teknis dan Non Teknis UKS Sarana dan Prasarana pendidikan kesehatan dan pelayanan kesehatan Lingkungan sekolah,  Lingkungan Keluarga, lingkungan masyarakat.

Dan hari ini dalam Bintek ini juga memberikan kepada sekolah dari tingkat Tk sampai SMA berhasil menjadi juara dalam pembinaan UKS Se-Provinsi Jambi ada 24 sekolah, guru UKS SMA ada sebanyak 42 orang sehingga total keseluruhan menjadi 66 orang.(Inro)

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Polda Dan Polresta Jambi Jemput 43 Pasien Isoman dan Di pindahkan kesini

Jambiekspose.com ,( jambi) – Polresta Jambi melakukan penjemputan terhadap 43 pasien isoman untuk dirawat di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas