Senin , September 20 2021
Home / Daerah / Kadis ESDM Provinsi Jambi Buka Workshop Penyusunan RKAB Bagi Perusahaan Pertambangan.

Kadis ESDM Provinsi Jambi Buka Workshop Penyusunan RKAB Bagi Perusahaan Pertambangan.

Foto Inro, Kadis ESDM Provinsi Jambi Buka Workshop Penyusunan RKAB Bagi Perusahaan Pertambangan.

Jambi, Jambiekspose.com – – Workshop penyusunan rencana kerja anggaran dan biaya (RKAB) perusahaan pertambangan kerjasama PPSDM Geominerba dan dinas ESDM Provinsi.

Jambi – – Peningkatan kualitas sumber daya manusia perlu dilakukan secara terencana, terarah dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan profesionalisme untuk menunjang terwujudnya kegiatan pertambangan yang baik dan benar (good mining practises).

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kadis ESDM Provinsi Jambi, Harry Andria Senin(05/11/2018) Hotel Odua Weston Jambi, Workshop penyusunan rencana kerja anggaran dan biaya (RKAB) perusahaan pertambangan kerjasama PPSDM Geominerba dan dinas ESDM Provinsi.

Turut mendampingi Kabid Pertambangan dan Minerba,Ir. M. Herpandri Hadi, Basuki Rahmat,  penyelenggara Diklat workshop PPSDM Geominerba Kementerian ESDM.

Dikatakan oleh Harry Andria, saat ini, pemerintah mewajibkan perusahaan untuk menyampaikan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB).

“sesuai dengan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No 11 tahun 2018  jo Nomor 22 Tahun 2018, tentang Tata Cara Pemberian Wilayah, Perizinan dan Pelaporan pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, “jelasnya.

Perusahaan yang akan mengajukan RKAB diharuskan untuk mengacu format yang ada dalam Permen ESDM ini.

RKAB yang disiapkan secara matang, akan banyak membantu manajemen pertambangan dalam memenuhi prinsip akuntabilitas dan transparansi. Namun kelemahan dalam penyiapan RKAB juga dapat mempengaruhi kredibilitas manajemen.

Karena itu, workshop ini untuk memberikan panduan teknis kepada perusahaan, bagaimana mengisi matrik RKAB secara tepat dan benar serta mengetahui fundamental dari pengisian tersebut.

Tujuan Workshop ini memandu peserta dalam penyusunan RKAB yang tepat dan benar serta
mempertajam pemahaman peserta dalam mendalami mekanisme dan langkah-langkah penyiapan RKAB.

“Sasarannya dari pengembangan kualitas SDM, meningkatkan kinerja operasional SDM dalam melaksanakan tugas-tugas khususnya dibidang pertambangan,”terangnya.

Selain itu kualitas SDM yang tinggi akan bermuara pada lahirnya komitmen yang kuat dalam penyelesaian tugas-tugas rutin sesuai dengan tanggung jawab dan fungsinya masing-masing secara lebih efisien efektif dan produktif.

Ditambahkan oleh Basuki Rahmat, workshop penyusunan RKAB bagi perusahaan pertambangan, untuk memberikan pengetahuan dalam rangka penyusunan RKAB.

Dalam peningkatan kualitas SDM tersebut perlu diselenggarakan pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan pelatihan, kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diberikan baik dalam kelas maupun diluar kelas pada seseorang dan sekelompok orang bertujuan untuk menghilangkan gap atau perbedaan antara kemampuan yang sekarang dimiliki dengan kemampuan standar yang ditetapkan.

Peserta yang mengikuti workshop ini ada sebanyak 25 orang berasal dari perusahaan pertambangan yang yang ada di provinsi Jambi.(Inro)

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Cepat Tanggap Bupati Mashuri Santuni Korban Kebakaran di Mampun

Jambiekspose.com (Merangin) – Bupati Merangin H Mashuri bersama Ketua DPRD Merangin Herman Effendi, menyantuni keluarga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas