Minggu , Oktober 24 2021
Home / Advertorial / Merangin Kaya Perekonomian Berbasis Budaya, Mashuri: “Kita Akan Kembangkan Kepayang dan Enau”

Merangin Kaya Perekonomian Berbasis Budaya, Mashuri: “Kita Akan Kembangkan Kepayang dan Enau”


Jambiekspose.com (Merangin) – Kabupaten Merangin sangat kaya akan perekonomian berbasis budaya, saat ini tinggal penggalian dan pengelolaannya saja yang  belum maksimal.

Untuk itu berbagai pelatihan kepada masyarakat, sangat penting dilakukan.
Hal tersebut dikatakan Bupati Merangin H Mashuri, saat audensi dengan Ny. Candra Kirana dari Yayasan Sekar Kawung dan rekan-rekan utusan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di rumah dinas bupati Merangin, Jumat 08 Oktober 2021 pagi.

“Luar biasa sekali Yayasan Sekar Kawung dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini. Mereka telah melakukan pelatihan ekonomi berbasis budaya di Desa Beringin Tinggi Kecamatan Jangkat Timur,” ujar Bupati.

Ekonomi berbasis budaya itu lanjut bupati, tidak hanya sebatas pelatihan, tapi disosialisasikan dari tingkat kecamatan sampai ke desa-desa. Tujuannya agar alam semakin terjaga, kebudayaannya kian kaya dan sejahtraan bisa diciptakan dari sana.

“Nanti kita akan kembangkan penyulingan minyak Kepayang dan memperbanyak tanaman pohon Kepayang. Untuk enau sudah menjadi target kita dari dulu untuk terus dikembangkan,” terang Bupati.

Sementara itu Ny Candra Kirana mengatakan, pelatihan yang dilakukannya itu  untuk menggali dan mengembangkan potensi ekonomi yang berbasis kebudayaan lokal di kawasan Jangkat Timur.

“Minyak Kepayang itu, salah satu kebudayaan kuliner khas Merangin. Pohon Kepayang itu, sebetulnya nilainya sangat bagus sekali, kualitasnya bagus dan menjadi salah satu pohon Inang,” jelas Ny Candra Kirana.

Pohon Kepayang lanjut pendiri Yayasan Sekar Kawung tersebut, disebut Pohon Inang karena memberikan kehidupan kepada banyak sekali jenis-jenis pohon lain di sekitarnya.

“Kalau kita kehilangan Pohon Kepayang, maka ekosistem di sekitarnya ikut punah. Jadi kita tidak hanya kehilangan minyak Kepayang dari kuliner kita, tapi alam kita menjadi semakin rusak,” tambah Ny Candra Kirana.

Sekarang ini sambung Ny Candra Kirana, minyak-minyak dan barang yang menjaga alam dan tradisi itu dicari sekali di pasaran, sehingga bila bisa merevitalisasi minyak Kepayang, akan bagus sekali untuk ekonomi di Kabupaten Merangin. (R12)

Spread the love

About jambi ekspose

Check Also

Rumah sakit umum Kolonel Abundjani Bangko didatangi tamu tak diundang

Jambiekspose.com (Bangko-Merangin) – Sakit tentu bukan jadi keinginan seseorang.Terlebih jika orang tersebut terkendala masalah biaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas