Senin , September 20 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Kasi Bidang Perumahan Formal dan Pembiayaan Membuka Rakor II Monitoring Evaluasi Progres Pelaksanaan pilot Project

Kasi Bidang Perumahan Formal dan Pembiayaan Membuka Rakor II Monitoring Evaluasi Progres Pelaksanaan pilot Project

Jambi — Jambieekspose. Rapat Koordinasi II Monitoring evaluasi progres pelaksanaan pilot Project dibuka secara resmi oleh Kasi Bidang Perumahan formal dan pembiayaan, Sumardi  mewakili Kadis serta Kabid PUPR Provinsi Jambi yang berhalangan hadir Kamis(16/11) Hotel Novita Jambi.

Turut mendampingi I Nyoman Sutama, BE, S. Sos. M. Si, kabag anggaran dan evaluasi sekretariat jenderal pembiayaan perumahan, Vikari Soelandri, SH, M. Si, Kasubdit sistem pembiayaan wilayah I Direktorat Bina Sistem Pembiayaan perumahan, Welly Yulfan Endin selaku Pokja PKP Provinsi Jambi, PPK Dekon Sub Bidang Pembiayaan Perumahan Provinsi Jambi Adrian Eka Putra.

Dikatakan Sumardi, kegiatan Rakor II ini untuk memantau pilot project PSMP  (Pembiayaan  Swadaya Mikro  Perumahan).  pembiayaan  mikro perumahan ini adalah titipan untuk  masyarakat yang tidak punya penghasilan tetap, Nilainya  adalah 50 juta, jangka waktu pengembalian 5 TAHUN.

“PSMP ini bertujuan untuk membantu masyarakat kecil atau kurang mampu bisa memberikan kesempatan untuk masyarakat lbelum mempunyai  rumah. Dengan system pembiayaan seperti ini maka masyarakat kita yang tidak punya penghasilan tetap tadi, maka bisa ter atasi dan bisa terakomodir, “jelasnya.

Memang  tahun 2017 ini adalah salah satu pilot projeck  dimana pilot projek ini  di  34 provinsi  baru 16 provinsi,  termasuk bagi Provinsi Jambi  bisa dilaksanakan.
” PSMP ini menjadi kebijakan pemerintah atau pemerintah daerah dalam pemenuhan dan pembiayaan perumahan, diadopsi sebagai produk perbankan dalam skala luas, “imbuhnya.

Prinsip penyelenggaraan pilot Project ini, merupakan dari pemerintah daerah sebagai pemegang tanggung jawab utama untuk berkelanjutan, keselarasan antara demand, supply dan faktor pendukung untuk berkelanjutan PSMP.

” Yang menggerakkan PSMP ini didaerah berasal dari BPD, BPR, koperasi, Askrida, Jamkrida, “urainya.

Ditambahkan Welly Yulfan Endin, pembinaan pendanaan dan sistem pembiayaan perumahan merupakan salah satu kegiatan dekonsentrasi sub bidang pembiayaan perumahan Provinsi Jambi.

” tujuan pembinaan ini meningkatkan kepedulian daerah terhadap pentingnya upaya pencapaian akses perumahan bagi masyarakat melalui sistem pembiayaan yang efektif, “jelasnya.

Sementara itu dikatakan Adrian Eka Putra, Peserta Rakor II berjumlah sebanyak 60 orang yang berasal dari perwakilan OPD dan instansi yang menangani perumahan dan kawasan permukiman di Provinsi Jambi, Akademisi, Asosiasi terkait bidang PKP, serta dari OPD Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi, Bappeda bidang PKP.

Penulis : Inro

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Evaluasi Penanganan Covid-19 di Jambi, Kapolri Ingatkan Penurunan Level PPKM dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Jambiekspose.com (JAMBI) — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas