Minggu , Oktober 24 2021
Home / Daerah / Kalak BPBD Provinsi Jambi Buka Pemberdayaan Relawan Penanggulangan Bencana

Kalak BPBD Provinsi Jambi Buka Pemberdayaan Relawan Penanggulangan Bencana

Foto Inro, Kalak BPBD Provinsi Jambi Buka Kegiatan Pelatihan Relawan

Jambi, Jambiekspose.com – – bertempat di Hotel Shang Ratu Kota Jambi BPBD Provinsi Jambi menggelar kegiatan pemberdayaan Relawan Penanggulangan bencana Rabu(12/12/2018).

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kalak BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah, SH. MH. Kegiatan ini mengambil tema, kita tingkatkan pemahaman, pengetahuan, kesiapsiagan, kemampuan Relawan dalam penanggulangan bencana.

Turut mendampingi Ketua penyelenggara, Dartaskah, Sekretaris BPBD Provinsi Jambi, Drs. Wasino MPDE.

Dikatakan oleh Bachyuni Deliansyah, secara umum relawan penanggulangan bencana dipahami sebagai setiap orang dengan sukarela mau berpartisipasi dalam upaya penanganan bencana.

“pemahaman ini tidaklah salah, namun perlu ditegaskan adanya penggolongan relawan antara volunteer dengan relawan terlatih, “jelasnya.

Penanggulangan bencana tidak saja dilakukan setiap saat atau tanggap darurat, namun diawali dengan kegiatan pengurangan resiko bencana di saat sebelum terjadinya bencana.

” dengan kesiapsiagan dari relawan yang telah menyiapkan diri secara sukarela serta tulus ikhlas berperan aktif terhadap penanggulangan bencana pada umumnya maupun di desa dari relawan itu tinggal,”terangnya.

Untuk itulah dari BPBD Provinsi Jambi mengadakan berupa pembagian ilmu maupun pengetahuan untuk bagi relawan agar bisa cepat bertindak dalam melakukan penanggulangan bencana bila terjadi.

Ditambahkan oleh Dartaskah, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyatukan pandangan pola pikir, persepsi dan pola tindak sehingga dapat meningkatkan kesiapsiagan sedini mungkin dalam menghadapi terjadinya bencana.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 80 orang terdiri dari relawan penanggulangan bencana yang terdapat pada desa tangguh bencana yang telah memiliki forum relawan penanggulangan bencana. (Inro).

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Rumah sakit umum Kolonel Abundjani Bangko didatangi tamu tak diundang

Jambiekspose.com (Bangko-Merangin) – Sakit tentu bukan jadi keinginan seseorang.Terlebih jika orang tersebut terkendala masalah biaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas