Minggu , Desember 5 2021
Home / Daerah / Pemkot Jambi Terima Bantuan BPJS Kesehatan dari APBD Provinsi Jambi

Pemkot Jambi Terima Bantuan BPJS Kesehatan dari APBD Provinsi Jambi

Kota Jambi — Jambiekspose.com. Tahun 2019 ini, pemerintah kota (Pemkot) Jambi kembali menerima bantuan dari APBD Provinsi Jambi berupa BPJS Kesehatan sebanyak 15 ribu kartu.

Sementara, pada tahun 2018, pemkot Jambi menerima bantuan sebanyak 2000 kartu.

Wakil Walikota (Wawako) Jambi Maulana, Kamis (18/4/2019) menerima secara simbolis bantuan dari kepala dinas kesehatan provinsi Jambi, Samsiran Halim.

Maulana menyampaikan terima kasih kepada pemerintah provinsi Jambi dalam hal ini diwakili Bapak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi.

“Sehingga nanti Insya Allah pemerintah kota Jambi seluruh masyarakat tidak mampu, sudah tercover BPJS,” ujar Maulana di ruang kerjanya.

Maulana menambahkan, jika nanti di lapangan masih ada warga tak mampu yang belum menerima, maka Wali Kota dan Wakil Wali Kota punya kewenangan untuk menentukan langsung setelah diverifikasi oleh Camat dan Lurah.

“Ini adalah integrasi secara keseluruhan, program kami namanya program Jambi Bugar. Program Jambi Bugar itu adalah program untuk mengcover pembiayaan masyarakat kota Jambi yang kurang mampu.”

“Pemerintah kota Jambi untuk bekerjasama dengan pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi, dan pemerintah kota sendiri mengalokasikan anggaran itu secara keseluruhan kan memberikan pelayanan kepada masyarakat dari segi pelayanannya kan tidak dibeda-bedakan.”

“Ini dibiayai provinsi dan kota semuanya telah terangkum dalam program yang selama ini dulu ada SKTM yang tidak terintegrasi, itu kan banyak kekurangannya.”

“Diantaranya kan pelayanannya terbatas, kalau dirujuk sampai ke tingkat provinsi dan nasional tidak berlaku. Tapi kalau kartu ini seluruh Indonesia,” pungkas Maulana.

Samsiran Halim menjelaskan, kartu yang diserahkan hari ini sebanyak 11 ribu dan masih ada 4 ribu kartu lagi yang akan diserahkan.

“Hari ini kita hanya menyerahkan kartu yang sudah dicetak BPJS nya sebanyak 11 ribu kartu. Tapi masih ada lagi nanti sebanyak 4 ribu,” jelasnya.

Samsiran menjelaskan, pemprov Jambi membantu premi sekitar Rp 360 juta perbulan selama tahun 2019. Menariknya, bantuan ini berasal dari pajak rokok senilai Rp 21 miliar.

Total, ada sebanyak 76 ribu kartu BPJS Kesehatan untuk se propinsi Jambi. Dan Kota Jambi penerima bantuan terbesar dibandingkan daerah lain.

Hal ini tambah Samsiran, berdasarkan jumlah penduduk, di mana Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh penerima terkecil. Tampak mendampingi Maulana yakni Kadinskes Kota Jambi Dr Ida Yuliati.(Inro)

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Satlantas Polres Muaro Jambi Gelar razia di Timbangan UPPKB Jalan Merlung Jambi KM.38, Ini Hasil nya

Jambiekspose.com ,MUARO JAMBI – Selama Dua hari Satlantas Polres Muaro Jambi menggelar razia di Timbangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *