Senin , September 20 2021
Home / Daerah / Sekda Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi Rapat Workshop SAKIP Bagi Pemerintah Se-Provinsi Jambi

Sekda Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi Rapat Workshop SAKIP Bagi Pemerintah Se-Provinsi Jambi

Jambi — Jambiekspose.com. Sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah selama ini hanya memfokuskan pada terlaksananya suatu program, sementara belum sepenuhnya memperhatikan hasil yang ingin dicapai.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Sekda Provinsi Jambi, H. M. Dianto Selasa(24/04/2018) Shang Ratu Hotel Jambi.

Turut mendampingi Ketua tim RB Provinsi Jambi, Syafrudin, S. PT. M. M., Nurjanah, Tim Asistensi RB Daerah Kemenpan RB.

Dikatakan oleh H. M Dianto, dalam mengimplementasikan SAKIP dengan baik, instansi pemerintah dapat memfokuskan kinerja pada hasil yang dirasakan oleh masyarakat, Mewujudkan efektivitas dan efisiensi pada penggunaan anggaran, serta mencegah penyimpangan penggunaan anggaran dan pemborosan.

“implementasi SAKIP juga mendorong instansi pemerintah agar memiliki tujuan dan sasaran yang jelas serta berorientasi pada hasil, “jelasnya.

Selain itu, ukuran keberhasilan menjadi jelas dan terukur, serta dapat menetapkan program atau kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian sasaran.

Akuntabilitas kinerja merupakan dasar pelaksanaan reformasi birokrasi, sebagaimana diketahui bahwa ada 3(tiga) sasaran utama dari pelaksanaan reformasi birokrasi.

“pertama, pemerintah yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi, kedua, pemerintah yang efektif dan efisien, ketiga, pelayanan publik yang baik dan berkualitas, “terangnya.

Oleh sebab itu, Pemprov Jambi mengajak agar dapat mewujudkan birokrasi yang akuntabel, efektif dan efisien. Hal tersebut dapet ditunjukkan melalui penggunaan anggaran untuk kemakmuran rakyat.

Pelaksanaan workshop ini sebagian suatu hal yang sangat strategis dalam mempertahankan pemahaman dan persepsi tentang penerapan sistem akuntabilitas mendukung terwujudnya reformasi birokrasi bidang akuntabilitas kinerja.

Sementara itu dikatakan Syafrudin, workshop penguatan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) bagi pemerintah atau perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Se-Provinsi Jambi sesuai dengan Perpres maupun Permen PAN RB.

“workshop ini mendukung terwujudnya peningkatan tertib administrasi pelaksanaan SAKIP bagi perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Se-Provinsi Jambi,”jelasnya.

Tujuan yang ingin dicapai untuk memantapkan pemahaman perangkat daerah kabupaten agar mampu berorientasi pada hasil dimana saat ini pemerintah Kabupaten mendapatkan predikat “CC” menjadi “B”.

Peserta workshop ini berjumlah 100 orang yang terdiri dari 70 orang dari 40 orang perangkat daerah kabupaten Tebo, 6 orang dari Kabupaten Muaro Jambi, 11 orang dari Kabupaten Tanjabtim, 6 orang dari Tanjab Barat.(Inro)

Editor : K20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Cepat Tanggap Bupati Mashuri Santuni Korban Kebakaran di Mampun

Jambiekspose.com (Merangin) – Bupati Merangin H Mashuri bersama Ketua DPRD Merangin Herman Effendi, menyantuni keluarga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas