Senin , September 20 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Kalaksa BPBD Provinsi Jambi Buka Bimtek Kajian Kebutuhan Pascabencana

Kalaksa BPBD Provinsi Jambi Buka Bimtek Kajian Kebutuhan Pascabencana

Jambi — Jambiekspose.com. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah membuka bimbingan teknis(Bimtek) kajian kebutuhan pascabencana (JITUPASNA) Tahun anggaran 2017 Rabu(22/11)Hotel Odua Weston Jambi.

Turut mendampingi Ati Setiawati, Kasi Inventarisasi kerusakan sosial ekonomi BNPB RI, Wasino, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Dikatakan Bachyuni Deliansyah, dalam rangka Fasilitasi Penyusunan Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekontruksi Pascabencana. Bimtek ini diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan bagaimana cara mengkaji kebutuhan pascabencana dan penyusunan renaksi rehabilitasi dan rekontruksi pascabencana secara cepat, tepat dan terpadu.

“Penyelenggaraan Rehabilitasi dan Rekonstruksi merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka penanggulangan bencana pada tahap pascabencana yang dalam pelaksanaannya harus selaras, “jelasnya.

Bencana yang terjadi pada masyarakat dapat mengakibatkan ada 2(dua) peristiwa, pertama masalah psikologis dan ekonomi harus dihadapi.

” Pada psikologis cukup membuat masyarakat yang terkena dampak lebih berat dikarenakan harta benda yang mereka miliki hilang dibawa bencana, kemudian ekonomi, mereka harus juga menderita kekurangan makanan, pakaian, dan minim akan obat, “urainya.

Dalam kegiatan ini diharapkan dari pada psikologis tadi para BPBD Provinsi Jambi maupun Kabupaten Kota harus mendatangkan para ulama, dari ulama tadi dapat memberikan nasehat serta menguatkan iman apa yang telah terjadi.
Sedangkan masalah ekonomi, pemerintah daerah juga telah memberikan akan bantuan sesuai kebutuhan tergantung musibah yang dialami oleh masyarakat, juga dapat meminta bantuan pada pemerintah pusat melalui Kementerian Dinas sosialnya.

Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (Jitu Pasna) adalah suatu rangkaian kegiatan pengkajian dan penilaian akibat, analisis dampak dan perkiraan kebutuhan yang menjadi dasar bagi penyusunan Renaksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Pengkajian dan penilaian meliputi identifikasi dan perhitungan kerusakan dan kerugian fisik dan non fisik yang menyangkut aspek pembangunan manusia, perumahan atau pemukiman, infrastruktur, ekonomi, sosial dan lintas sektor.

Analisis dampak melibatkan tinjauan keterkaitan dan nilai agregat dari akibat akibat bencana dan impilkasi umumnya terhadap aspek – aspek fisik dan lingkungan, perekonomian, psikososial, budaya, politik dan tata pemerintahan.

Penulis : Inro

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Evaluasi Penanganan Covid-19 di Jambi, Kapolri Ingatkan Penurunan Level PPKM dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Jambiekspose.com (JAMBI) — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas