Minggu , Desember 5 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Gubernur Jambi Panen Ikan Gurami Di Kelurahan Palmerah

Gubernur Jambi Panen Ikan Gurami Di Kelurahan Palmerah

Jambi – Jambiekspose.com. Gubernur Jambi Zumi Zola melakukan panen Ikan Gurami mengapresiasi acara panen ikan bersama warga pal merah.

Adapun jenis ikan yang di panen diantaranya ikan gurami, lele dan ikan mas. Lokasi acara panen ikan tersebut di Rt. 36, lorong Dharma Karya, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Kota Jambi. Jumat (1/12).

Dikatakan Zumi Zola, panen ikan di tiga kelompok merupakan usaha swadaya dari masyarakat khususnya di Rt 36 Pal Merah.

” disini ada kelompok usaha ikan Pokdakan Melati, Pokdakan Pucuk Merah, dan Pokdakan Teratai yang akan kita laksanakan pada hari ini adalah merupakan wujud dari usaha yang dikerjakan oleh anggota kelompok selama ini sehingga usaha budidaya ikan di kawasan ini dapat berkembang,” kata Zola.

Dimana luas lahan ada 8 hektare dengan 60 unit kolam ikan terdiri dari 3 pokdakan dengan usaha budidaya ikan gurami, ikan lele, dan ikan mas.

pihak pemprov Jambi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan memberikan bantuan benih ikan sebanyak 10 ribu benih ikan dan berharap dengan adanya bantuan tersebut panen ikan bisa lebih berkembang.

” program pemerintah tidak bisa berjalan kalau tanpa didukung oleh masyarakat dan kami berharap kita bersama – sama menjalankan program ini agar komoditi khususnya pengelolaan ikan dapat lebih dikembangkan dan kalau bisa satu ekor ikan satu kilo,” harap Zola.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Temawisman menyampaikan bahwa untuk Kota Jambi usaha budidaya kolam ikan kurang lebih 149,97 hektare (2.000 unit) dengan produksi ikan sebesar 1.130, 75 ton/tahun.

“produksi ini sebagian besar berasal dari Kecamatan Pal Merah sebesar 415,82 ton/tahun. Untuk Kecamatan Pal Merah untuk komoditas ikan gurami dihasilkan dari Kelurahan Pal Merah Rt. 36 dimana luas lahan 8 hektare dengan 60 unit kolam terdiri dari 3 pokdakan dengan usaha budidaya ikan gurami, ikan lele, dan ikan mas. Ini semua merupakan usaha swadaya dari maayarakat yang ada di Rt. 36,” jelasnya.

Camat Pal Merah Mursida mengatakan bahwa masyarakat di Rt. 36 memiliki usaha budidaya ikan yang dikelola oleh warga setempat dan usaha tersebut berdiri sudah lama di era Kepemimpinan Zulkifli Nuraini.

” perlu kita ketahui kelompok usaha budidaya ikan ini berdiri di jaman kepemimpinan ayahanda Zumi Zola yakni Bapak Zulkifli Nurdin, dan kami mengucapkan terima kasih kepada pihak pemprov yang telah memperhatikan kelompok ini dan telah memberikan bantuan benih ikan sebanyak 10 ribu benih ikan semoga kedepan dapat berkembang produksi ikan yang kami kelola,” terangnya.

Diakhir acara tersebut, Gubernur Jambi Zumi Zola didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Tema Wisman beserta warga setempat menaburkan benih ikan dikolam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Ariansyah, Camat Pal Merah Mursida, dan Kelompok Pokdakan setempat.

Penulis : Inro

Editor : k20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

PWN dibuka Langsung oleh Menpora secara Virtual

Jambiekspose.com BATANGHARI- Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang diwakilkan kepada Menteri Olahraga Republik Indonesia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *