Jumat , Oktober 22 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Gubernur Jambi mengapresiasi peluncuran bansos Rastra

Gubernur Jambi mengapresiasi peluncuran bansos Rastra

Jambi – Jambiekspose.com. Gubernur Jambi Zumi Zola mengapresiasi peluncuran bansos rastra atau lebih dikenal raskin program subsidi beras bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Peluncuran bansos rastra tersebut digelar dilapangan Kantor Gubernur Jambi Kamis (25/1).

Turut mendampingi Kadis Sosdukcapil Provinsi Jambi, Arief Munandar, Kepala Bulog Divre Jambi, Yusuf serta OPD lingkup Provinsi Jambi.

Dikatakan Zumi Zola, program rastra ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM).

” dalam memenuhi kebutuhan pangan sebagai salah satu hak dasarnya Pelaksanaan Program Rastra/Raskin ini penting, karena naik turunnya Angka Kemiskinan dan Inflasi jauh lebih besar ditentukan oleh komoditi makanan dibandingkan non makanan dimana beras memiliki peran/bobot sebesar 30 persen dari aspek makanan,” ujarnya.

” Oleh karena itu, dengan intervensi program Rastra yang tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah diharapkan dapat mengurangi kemiskinan dan menjaga laju inflasi dengan baik,” sambungnya.

jumlah penerima program Bansos Rastra di Provinsi Jambi pada tahun 2016 berjumlah 132.888 KPM.”

“Sebagaimana kita ketahui, Jumlah penerima program Bansos Rastra di Provinsi Jambi pada tahun 2016 adalah sejumlah 132.888 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota. Dengan jumlah KPM terbanyak di Kabupaten Kerinci 17356 KPM dan terkecil di Kota Sungai Penuh 2.744 KPM,” terangnya.

Adapun realisasi keseluruhan kabupaten/kota se- Provinsi Jambi hingga 23 Januari 2018 adalah sebesar 7,33%.” Saya berharap setelah launching hari ini, penyaluran program bansos rastra ini dapat terealisasi hingga 100% di 2018 ini,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut Zola menghimbau kepada tim koordinasi Program Bansos Rastra Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota agar penyaluran KPM dapat berjalan dengan baik

. ” saya mengingatkan hal-hal sebagai berikut Pertama, agar penyaluran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat dilaksanakan disetiap bulannya pada tanggal 25 rastra ini diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu dan ini tidak dipungut biaya sedikitpun artinya gratis, Kedua beras yang disalurkan tanpa biaya tebus, sebanyak 10 kilogram per KPM dengan kualitas medium,” pungkasnya.

 

Pada kesempatan melepas launching bantuan Sosial (Bansos) Rastra (Beras Bulog) ke 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, dengan jumlah sebanyak 12 mobil truk yang diberangkatkan.

Zumi Zola kembali menyampaikan kepada tim koordinasi Program Bansos Rastra Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota agar penyaluran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat dilaksanakan setiap tanggal 25 di bulan berjalan. Kedua, Beras yang disalurkan tanpa biaya tebus, sebanyak 10 kilogram per KPM dengan kualitas medium” Pungkas Zola.

Ditambahkan Arief Munandar, Jumlah penerima program Bansos Rastra di Provinsi Jambi pada tahun 2016 adalah sejumlah 132.888 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang tersebar di 10 Kabupaten/Kota. Dengan jumlah KPM terbanyak di Kabupaten Kerinci 17356 KPM dan terkecil di Kota Sungai Penuh 2.744 KPK.

Adapun realisasi keseluruhan kabupaten/kota se- Provinsi Jambi hingga 23 Januari 2018 adalah sebesar 7,33%.” Saya berharap setelah launching hari ini, penyaluran program bansos rastra ini dapat terealisasi hingga 100% di 2018 ini.

Sementara itu dijelaskan Yusuf, Perum Bulog Divisi Regional Provinsi Jambi menyebutkan, penyaluran beras untuk keluarga sejahtera (rastra) di provinsi ini telah terealisasi 95 persen atau sekitar 16.000 ton.

Penulis : Inro

Editor : K20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Minyak Solar Langka di Jambi, Mobil Sampai Antri Ber Jam Jam , ada apa ini ?

Jambiekspose.com ( Jambi ) – Kelangkaan BBM jenis solar di Jambi mulai menunjukan kelangkaan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas