Senin , Oktober 25 2021
Home / Daerah / Sambut ASEAN GAMES Tiga Provinsi Jangan Berikan Asap Dari Kebakaran Hutan Dan Lahan

Sambut ASEAN GAMES Tiga Provinsi Jangan Berikan Asap Dari Kebakaran Hutan Dan Lahan

 

Deputi Bidang RR Buka Bintek Pengenalan  Peralatan  Kebencanaan  Pompa  Pemadam  Karhutla

Jambi — Jambiekspose.com. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi melaksanakan bimbingan teknis pengenalan peralatan kebencanaan pompa pemadam karhutla.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR), Ir. Harmensyah Dipl., SE., MM. Selasa(24/07/2018) Hotel Swiss Bell Jambi.

Turut mendampingi Direktur Peralatan Rustian, S.Si, Apt, M.Kes. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah, serta Kepala Pelaksana Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi.

Dikatakan oleh Ir. Harmensyah, dalam rangka penguatan suatu kelembagaan Terutama pada badan penanggulangan bencana akan memberikan pelatihan pada SDM di BPBD Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi.

“pemerintah pusat melalui BNPB telah menyerahkan bantuan peralatan berupa pompa pemadam karhutla untuk pemerintah daerah Provinsi,  Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi, “jelasnya.

Dari Direktorat peralatan melaksanakan kegiatan berupa Bintek pada BPBD Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi, juga menetapkan pada 3(tiga) Provinsi di tahun 2018 ini untuk tidak terjadi lagi akan karhutla seperti tahun 2015 yang lalu.

” tiga provinsi yang sering terjadi akan karhutlanya, yaitu Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Riau dan Provinsi Jambi, dan di tahun 2018 akan juga menggelar event olahraga secara internasional, ASIAN GAMES, “terangnya.

Presiden RI, joko Widodo telah menginstruksikan pada semua kodam, Polri, serta pasukan Manggala Agni agar segera memadamkan serta mencegah kebakaran hutan dan lahan.

” Kalau ini sampai terjadi maka akan berdampak bagi kegiatan event olahraga tersebut, “imbuhnya.

Deputi posisi Ditengah, Direktur Sebelah Kiri, Dan Kalak BPBD Provinsi Jambi, Kanan

Ditambahkan oleh Rustian, Bintek ini bertujuan untuk meningkatkan akan SDM dari peserta BPBD Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi khususnya pada penanganan akan peralatan pencegahan berupa pompa untuk karhutla.

“Materi kegiatan ini berupa  Kegiatan didalam ruangan (In door),Materi yang akan disampaikan antara lain tata cara operasional Pemeliharaan Perawatan Pompa Pemadam Kebakaran Hutan Dan Lahan. Kegiatan diluar ruangan (Out door),Sedangkan untuk kegiatan out door akan dilakukan kegiatan uji coba Pompa Pemadam Kebakaran Hutan Dan Lahan, “urainya.

Sudah menjadi kebijakan BNPB Pusat di bidang Logistik dan Peralatan yang diantaranya, mengembangkan atau meningkatkan jenis dan spesifikasi peralatan penanggulangan bencana agar sesuai dengan kebutuhan di lapangan, sehingga penanggulangan bencana dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

Dijelaskan Bachyuni Deliansyah, Dalam rangka menindaklanjuti kebijakan tersebut BPBD Provinsi Jambi melalui Direktur Peralatan, pada Tahun 2016 telah melaksanakan pengadaan berbagai jenis peralatan yang salah satunya adalah Pompa Pemadam Sistem Busa dan Pompa Pemadam Portable sebanyak 7 (tujuh) paket dan sudah didstribusikan ke BPBD Provinsi Riau, BPBD Provinsi Sumatera Selatan, BPBD Provinsi Jambi.

“Kegiatan ini sekaligus melatih para anggota BPBD Provinsi dalam prosedur penggunaan alat pemadam kebakaran yang baru saja diterima dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), “jelasnya.

Peserta yang mengikuti Bintek ini ada sebanyak 43 orang terdiri dari, 13 orang dari BNPB, 10 orang dari BPBD Provinsi, 20 orang dari BPBD Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi, serta kegiatan ini dilaksanakan selama selama 3(tiga) hari.(Inro)

Editor : K20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Hadir di Masjid At Taqwa Rantau Panjang H Mashuri Maulid Nabi Bersama Warga Tabir

Jambiekspose.com (Merangin) – Bupati Merangin H Mashuri merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas