Senin , Oktober 25 2021
Home / Daerah / Kadis Dinkes Buka Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu

Kadis Dinkes Buka Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu

Jambi — Jambiekspose.com. Posyandu, salah satu upaya berbasis kesehatan masyarakat yang sudah menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kadinkes Provinsi Jambi, dr. Samsiran Halim Selasa(21/08/2018) Hotel Royal Garden Jambi.

Dikatakan oleh Samsiran Halim, dalam pembangunan terkait dengan keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, terutama terkait upaya peningkatan status gizi masyarakat, kesehatan ibu dan anak.

“mengharapkan dukungan semua pihak untuk operasional Posyandu yang berperan sebagai tempat berintegrasinya keswadayaan masyarakat dalam kegiatan peningkatan tumbuh kembang bayi dan balita,”jelasnya.

Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu merupakan tanggung jawab bersama yang harus dijalankan, sehingga Posyandu dapat terlaksana secara proposional serta memaksimalkan masyarakat untuk hidup sehat.

Promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat memegang peranan penting dalam menangani permasalahan kesehatan.

“dari hasil Riskedas tahun 2013 diketahui bahwa hasil upaya peningkatan promosi kesehatan masyarakat belum optimal, sehingga perlu peningkatan terutama dengan mengintensifkan komunikasi khususnya dalam pencapaian kinerja program pemberdayaan masyarakat dan promosi kesehatan, “terangnya.

Melalui dinkes Provinsi Jambi program promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu bentuk upaya pelayanan publik dibidang kesehatan.
” bahwa kelompok kerja operasional (Pokjanal) posyandu baik di provinsi Jambi maupun di kabupaten perlu melakukan pembinaan, memantau dan mengevaluasi setiap kegiatan posyandu,”imbuhnya.
Jambi

Ditambahkan Oki Permana Kabid Promosi kesehatan masyarakat, posyandu merupakan program pemberdayaan masyarakat sebagai upaya mengatasi dan mengurangi angka kematian ibu dan bayi baru lahir.

Untuk itulah program Promkes dan pemberdayaan masyarakat Provinsi Jambi menganggap perlu melakukan kegiatan pertemuan Pokjanal Posyandu perlu diperkuat koordinasi antar OPD.

Kegiatan Pertemuan Koordinasi Pokjanal Posyandu diikuti peserta sebanyak 20 orang berasal dari bkkbn, pemberdayaan perempuan, TP PKK.(Inro)

Editor : K20

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Hadir di Masjid At Taqwa Rantau Panjang H Mashuri Maulid Nabi Bersama Warga Tabir

Jambiekspose.com (Merangin) – Bupati Merangin H Mashuri merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas