Sabtu , Oktober 23 2021
Home / Daerah / Kadis DKP Provinsi Jambi Membuka Pertemuan Evaluasi Kegiatan  Pengelolaan  Kawasan  Perairan Umum Daratan(PUD)

Kadis DKP Provinsi Jambi Membuka Pertemuan Evaluasi Kegiatan  Pengelolaan  Kawasan  Perairan Umum Daratan(PUD)


Jambi — Jambiekpose.com. Pemanfaatan sumberdaya alam di Perairan Umum Daratan (PUD) secara luas dan efisien merupakan tuntutan dalam pembangunan nasional.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kadis DKP Provinsi Jambi, Temawisman Senin(17/09/2018) Grand Hotel Jambi.

Turut mendampingi  Ir. Ainof, Sekretaris Dinas DKP Provinsi Jambi, Kasi Konservasi , Bachtiar Adnan
Kabid Perikanan dan Tangkap, Dodi Febri.

Dikatakan oleh Temawisman, Keperluan akan sumberdaya tersebut terus menerus meningkat baik ditujukan bagi perikanan, pengairan, pariwisata dan keperluan umum, sehingga dibutuhkan pengelolaan perikanan dengan memperhitungkan collaborative management antar sektor yang terkait.

“perairan umum daratan dikelola secara luas dan efisien merupakan tuntutan dalam pembangunan Nasional, juga membutuhkan kolaborasi manajemen antar sektor terkait guna tercapaimya program pengelolaan sumber daya perikanan tangkap di PUD, “jelasnya.

Ada banyak program dan kegiatan di perairan umum daratan telah diluncurkan pemerintah yang sebagian besar mengarahkan pembangunan sumber daya ikan yang lestari dan berkelanjutan.

” beberapa program yang dikeluarkan dalam bentuk konservasi sumber daya ikan, perlengkapan sarana dan prasarana, pengelolaan restocking yang tepat memperhatikan perkembangan ikan endemik sehingga ikan PUD tidak terganggu ekosistem, “katanya.

Kenaikan ini dibutuhkan kerjasama yang sinergitas antara stakeholder terkait dalam hal ini dinas kelautan dan perikanan Provinsi Jambi, diteruskan kepada 10 dinas Kabupaten kota Se-Provinsi.

” Juga tidak lupa dalam pengawasannya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dengan membentuk POKMASWAS disekitar perairan umum daratan, “imbuhnya.

Juga diperlukan adanya perbaikan secara pendataan maupun perumusan program yang lebih tepat, efektif dan terencana untuk tercapaimya tujuan pembangunan Nasional.

Ditambahkan oleh bachtiar Adnan, kegiatan evaluasi ini untuk mengetahui dan mengukur seberapa jauh tingkat keberhasilan atau capaian program kegiatan yang telah dilaksanakan.

“Juga mensinkronisasikan dan meningkatkan kerja sama antara pihak terkait pengelolaan PUD lebih efektif, tepat sasaran dan bernilai tambah, “ujarnya.

Pelaksanaan evaluasi ini dilaksanakan selama 2(dua) hari dan peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 25 orang terdiri dari pejabat terkait pada bidang pengelolaan sumber daya ikan dan perairan umum daratan pada 11 Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi.

Materi yang diberikan, update terbaru kegiatan pengelolaan perairan umum daratan, evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dan target kegiatan, rumusan hambatan dan solusi kegiatan program PUD.(Inro)

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Hadiri Acara Maulid Nabi Muhammad SAW, Bupati Merangin Puji HMI Cabang Bangko

Jambiekspose.com (Merangin) – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga diperingati oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas