Jumat , Oktober 22 2021
Home / Daerah / Kota Jambi / Kabid Pemfaatan Hutan Produksi Buka Bimtek SI-PNBP Angkatan II

Kabid Pemfaatan Hutan Produksi Buka Bimtek SI-PNBP Angkatan II

Foto Inro, Kabid Pemanfaatan Hutan Produksi Buka Bintek SI-PNBP Angkatan II.

Jambi, Jambiekspose.com – – Sumber daya hutan Indonesia merupakan suatu karunia Tuhan yang amat berharga dan juga suatu amanah bagi bangsa Indonesia untuk menjaganya.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kabid Pemanfaatan Hutan produksi, Agus Sriyanta SE,  MM,  MH “Bimbingan teknis SI-PNBP Angkatan II tahun 2018” Selasa(16/10/2018) Hotel Odua Weston Jambi.

Turut mendampingi Kepala Balai BPHP Wilayah IV, Muhammad Fehmi, Direktorat Iuran Dan Peredaran Hasil hutan Hutan, Jakarta, Dewono Siswardiyanto, SE,
Ketua Panitia, Irfan Adhi Hidayat Ismail, S.P.

Dikatakan oleh Agus Sriyanta, sumberdaya hutan ini wajib dijaga kelestariannya, diurus dan dimanfaatkan secara optimal untuk kemakmuran rakyat.

Foto Inro, Kabid Dan Kepala Balai Saat Diwawancarai

“sejalan dengan tuntutan masyarakat akan pelayanan penerimaan negara yang cepat, akurat dan dapat diandalkan, pemerintah melalui Kementerian keuangan telah menyediakan fasilitas pembayaran atau penyetoran penerimaan negara, “jelasnya.

Salah satu bagian dari sistem modul penerimaan negara generasi 2(dua), sistem informasi penerimaan negara bukan pajak (SI-PNBP) online atau dikenal dengan nama SIMPONI.

” SI-PNBP ini merupakan sistem billing yang dikelola oleh DJA untuk memfasilitasi pembayaran atau penyetoran PNBP dan penerimaan non anggaran, SIMPONI ini memberikan kemudahan bagi wajib bayar atau wajib setor, “ujarnya.

Setidaknya terdapat 3(tiga) hal utama yang harus diperhatikan dalam membangun integrasi dalam regulasi peraturan.

“regulasi itu pertama, tidak ada boleh pungutan kepada masyarakat diluar aturan, kedua, setoran PNBP tidak boleh ditampung dalam rekening yang dibuat oleh Kementerian atau lembaga, ketiga, penerimaan harus disetorkan ke rekening kas negara pada hari yang sama, “urainya.

Bagi Provinsi Jambi realisasi PNBP sampai dengan 24 September 2018 ini tercatat Rp 30 Milyar, berasal dari PSDH US$398.224 berasal dari DR.

Ditambahkan oleh muhamad Fehmi, kegiatan ini diharapkan juga dapat menjadi forum yang interaktif dan komunikatif antar stakeholder sebagai wujud sinergi antar stakeholder mendukung pelaksanaan dan penyempurnaan SIMPONI.

“Bagi para peserta angkatan ke-2 ini mampu meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja dari peserta untuk mendapatkan standar kompetensi yang memadai,”terangnya.

Dijelaskan oleh irfan Adhi Hidayat ismail, kegiatan Bintek Juga melaksanakan tugas pokok dan fungsi BPHP wilayah IV Jambi sesuai dengan keputusan peraturan menteri lingkungan hidup dan Kehutanan.

Serta melakukan peningkatan pemahaman peraturan perundang-undangan dan regulasi terbaru. Para peserta yang mengikuti Bintek ada sebanyak 50 orang terdiri dari
masyarakat hutan hak, penyuluh kehutanan UPTD KPHP, UPTD KPHP. (Inro)

Spread the love

About jambiekspose

Check Also

Minyak Solar Langka di Jambi, Mobil Sampai Antri Ber Jam Jam , ada apa ini ?

Jambiekspose.com ( Jambi ) – Kelangkaan BBM jenis solar di Jambi mulai menunjukan kelangkaan di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas